Halaman

Selasa, 10 Desember 2013

30 Fakta Menarik Tentang Monopoli

 

1. Monopoli adalah permainan papan (board game).  

2. Permainan ini diciptakan oleh Parker Brothers.  

3. Monopoli juga disebut sebagai ‘The Fast-Dealing Property Trading Game’.  

4. Secara umum, tujuan permainan ini adalah untuk mendominasi pasar di bawah kepemilikan tunggal.  

5. Versi awal monopoli dapat ditelusuri kembali ke tahun 1903. 

6. Versi awal permainan ini dibuat oleh Elizabeth Maggie yang pada awalnya dibuat sebagai permainan agar orang lebih mudah memahami pajak.  

7. Dua karakter terkenal dalam monopoli adalah Jake the Jailbird dan Officer Edgar Mallory.  

8. Nama asli Mr Monopoli adalah Rich Uncle Pennybags.  

9. Lebih dari 275 juta permainan ini telah terjual di seluruh dunia.  10. Monopoli diketahui dijual di lebih dari 111 negara.  

11. Permainan ini telah diterjemahkan ke dalam 43 bahasa.  

12. Permainan monopoli terlama tercatat berlangsung selama 70 hari berturut-turut.  

13. Monopoli telah dimainkan oleh lebih dari satu miliar orang.  

14. Token telah menyertakan karakter gajah dan dompet.  

15. Antara tahun 1940 hingga 1960, monopoli terpilih sebagai permainan nomor satu di Amerika.  

16. Peta pelarian, kompas, dokumen, dan uang diselundupkan dalam kotak monopoli selama Perang Dunia II.  

17. Selama tahun 1970-an, versi monopoli Braille diciptakan bagi tuna netra.  

18. Pada tahun 1972, Komisioner Pekerjaan Umum Amerika ingin mengubah nama tempat di papan monopoli tetapi ditentang oleh publik.  

19. Pada tahun 1978, katalog natal Neiman Marcus menawarkan permainan monopoli cokelat dengan harga $ 600.  

20. Ikon monopoli telah ditampilkan pada berbagai perangko.  21. Monopoli di McDonalds mendorong pengunjung menyimpan token ynag didapat dari makanan yang dipesan untuk memenangkan hadiah besar seperti mobil.  

22. Lebih dari enam miliar rumah dan 2,25 miliar hotel telah dibuat di permainan ini.  

23. Banyak edisi baru monopoli tersedia, termasuk Disney dan Lord of the Rings.  

24. Terdapat banyak turnamen dunia monopoli yang antara lain diselenggarakan di Hong Kong, Irlandia, Italia, Jepang, Belanda, Selandia Baru, Spanyol, Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat.  

25. Papan monopoli termahal dibuat oleh desainer Sidney Mabell yang memiliki papan dengan emas 23 karat dan dadu bertabur berlian seharga lebih dari $ 2.000.000!  

26. Monopoli telah dibuat dalam lebih dari tujuh platform media, dalam dua puluh bahasa serta telah diunduh lebih dari 10 juta kali.  

27. Sebuah papan monopoli dikirim ke ruang angkasa pada tahun 2007.  

28. Pada tahun 2008, 3000 orang melakukan permainan monopoli online dalam upaya memecahkan rekor dunia.  

29. Monopoli dianugerahi Best Mobile App Award pada tahun 2008.  

30. Dalam film One Flew Over the Cuckoo’s Nest ( 1975 ), sebuah permainan monopoli seru terjadi setelah air dingin dilemparkan pada pasien.


Permainan Monopoli Jadi Syarat Dapatkan SIM di Afrika

Ujian memperoleh SIM pada umumnya mengikutkan tes tulis dan tes praktek mengemudi. Namun hal itu tidak cukup di sebuah negara di benua Afrika. Pasalnya, di negara Sierra Leone seseorang juga harus menguasai permainan monopoli untuk mendapatkan SIM.  
 
Namun monopoli ini bukan seperti pada umumnya, tapi didesain untuk melatih pemahamaan peraturan lalu lintas. Permainan yang dinamakan "The Drivers' Way" tersebut diciptakan seorang petugas polisi, Morie Lenghor.  
 
Permainan ini mengharuskan setiap calon pengemudi menjalankan dadunya sesuai dengan aturan lalu lintas yang berlaku. Jika melakukan kesalahan atau melanggar, mereka akan dikenai denda, sama seperti dalam kehidupan nyata.  
 
"Para calon pengemudi harus membeli permainan itu," kata Sarah. "Dalam waktu 2 atau 3 bulan mereka akan menguasai peraturan lalu lintas. Atau jika mereka pintar, dengan satu kali bermain mereka sudah bisa melakukan tes."  
 
Permainan yang dihargai USD 14 (Rp 150 ribu) ini memang dimaksudkan jadi media belajar menyenangkan. Dengan memainkan monopoli lalu lintas ini para remaja diharapkan lebih mengerti peraturan di jalan dan lebih berhati-hati saat mengemudi.  
 
"Permainan ini akan sangat membantu," ucap Direktur Eksekutif bidang Transportasi Sierra Leone, Sarah Bendu. "Setelah beberapa bulan setiap calon pengemudi akan memahami peraturan lalu lintas dengan baik. Dengan begitu mereka akan menjadi pengendara yang waspada."  
 
Penerapan peraturan unik ini didasari tingginya angka kecelakaan di Sierra Leone. Rendahnya pemahaman masyarakat, khususnya remaja, terhadap peraturan lalu lintas membuat ratusan orang meninggal di jalan setiap tahunnya. Selain itu fenomena korupsi di kota tersebut membuat orang dengan mudah mendapat ijin mengemudi tanpa dilihat kemampuannya.

 sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar