Halaman

Sabtu, 13 Juli 2013

Sosok 4 Raja dan Joker Dalam Kartu Remi


Pasti tau dong sama yang namanya Kartu Remi / Playing Card ? Sebuah permainan kuno yang berisi 52 kartu + (biasanya) 3 Joker dari setiap lambang di kartu remi juga melambangkan 4 pilar utama di Middle Ages.
 
Spade - Militer
Heart - Gereja
Club - Aglikultur
Diamond - Kelas Pedagang




Dalam kartu Remi ada 4 jenis kartu yang memiliki gambar pada kartunya. Kartu-kartu tersebut adalah jack, queen, king, dan joker. 4 jenis kartu tersebut khusus diberikan gambar karena kartu-kartu tersebut memiliki sejarah masing-masing dan di setiap kartu melambangkan tokoh terkenal dari penjuru dunia.

1. King Spade 

King Spade, melambangkan Nabi Daud / King David
King David

King David, putra dari Jesse dan keturunan Rut, dalam peperangan melawan bangsa Palestina, King David menjadi pahlawan perang dengan membunuh Jalut dan menjadi Raja Israel setelah kematian Raja Luth. King David merupakan Nabi, Raja, dan juga Musisi yang kuat dan bijaksana dalam mengatur suku-suku Israel, menempa mereka menjadi negara yang bersatu. 

King David juga merupakan orang yang mendirikan Bait Suci/Baitul Muqaddis yang diselesaikan oleh anaknya Solomon/Sulaiman. King David meninggal pada usia 100 tahun dan mewariskan tahtanya pada Solomon.


2. King Heart

King Heart, melambangkan pada Charlemagne
Charlemagne
Charlemagne adalah salah satu raja paling berpengaruh di zaman pertengahan. Pada zamannya, semua orang percaya bahwa hanya king Arthur yang legendarislah yang bisa disaingkan dengan Charlegmane sebagai contoh Raja Kristen terbaik sepanjang masa. 

Charlemagne adalah raja kaum Frank dari 768 sampai 814 dan kaum Lombard dari 774 sampai 814. Ia dinobatkan sebagai Imperator Augustus di Roma pada hari natal tahun 800 oleh Paus Leo III, dan karenanya dianggap merupakan pendiri Kekaisaran Romawi Suci (dengan gelar Karel I). Melalui penaklukan dan pertahanan, ia mengukuhkan dan mengembangkan kekuasaannya hingga meliputi sebagian besar Eropa Barat. Ia sering dianggap merupakan bapak pendiri Perancis dan Jerman, bahkan kadang sebagai Bapak pendiri Eropa. Ia adalah kaisar pertama di Barat sejak runtuhnya Kekaisaran Romawi. 

Charlemagne wafat ketika musim dingin bersalju di Aachen karena demam tinggi.


3. King Club

King Club Melambangkan pada Alexander The Great/Iskandar Agung
Alexander The Great
Alexander the Great adalah seorang penakluk asal Makedonia. Ia diakui sebagai salah seorang pemimpin militer paling jenius sepanjang zaman. Ia juga menjadi inspirasi bagi penakluk-penakluk seperti Hannibal, Pompey dan Caesar dari Romawi, dan Napoleon. Dalam masa pemerintahannya yang singkat, Alexander mampu menjadikan Makedonia sebagai salah satu kekaisaran terbesar di dunia. 

Sewaktu di Babilonia, Alexander tiba-tiba terkena sakit parah dan mengalami demam selama 11 hari sebelumnya akhirnya meninggal pada tanggal 10 Juni 323 SM, dalam usia sekitar 33 tahun. Penyebab kematian yang sesungguhnya tidak jelas. 

Setelah kematian Alexander, tidak adanya ahli waris menyebabkan terjadi perpecahan dan pertempuran antara para bawahannya. Akhirnya, setelah perselisihan bertahun-bertahun, sekitar tahun 300 SM, kekuasaan atas bekas kerajaan Alexander terbagi menjadi 4 wilayah yang masing dikuasai salah satu jendral Alexander.


4. King Diamond

King Diamond Melambangkan pada Julius Caesar
Julius Caesar
Gaius Julius Caesar adalah seorang pemimpin militer dan politikus Romawi yang kekuasaannya terhadap Gallia Comata memperluas dunia Romawi hingga Oceanus Atlanticus, melancarkan serangan Romawi pertama ke Britania, dan memperkenalkan pengaruh Romawi terhadap Gaul (Perancis kini), sebuah pencapaian yang akibat langsungnya masih terlihat hingga kini. 

Julius Caesar bertarung dan memenangkan sebuah perang saudara yang menjadikannya penguasa terhebat dunia Romawi, dan memulai reformasi besar-besaran terhadap masyarakat dan pemerintah Romawi. Dia menjadi diktator seumur hidup, dan memusatkan pemerintahan yang makin melemah dalam republik tersebut. 

Caesar meninggal dunia pada 15 Maret 44 SM akibat ditusuk hingga mati oleh tangan kanannya, Marcus Junius Brutus dan beberapa senator Romawi. Aksi pembunuhan terhadapnya pada hari Idi Maret tersebut menjadi pemicu perang saudara kedua yang menjadi akhir Republik Romawi dan awal Kekaisaran Romawi di bawah kekuasaan cucu lelaki dan putra angkatnya, Kaisar Augustus.


5. Queen Spade 

Queen Spade Melambangkan Pada Pallas Athena
Athena atau Pallas Athene dalam mitologi Yunani adalah dewi kebijaksanaan, strategi, dan perang. Athena juga dikenal sebagai dewi yang menolong para pahlawan. Athena adalah seorang dewi yang terlahir sebagai perempuan dewasa dan tak pernah digambarkan sebagai anak kecil. Athena tidak memiliki suami atau kekasih sehingga disebut sebagai parthenos ("perawan"), Hefaistos pernah mencoba memperkosanya namun gagal. Kuil Parthenon di kota Athena, Yunani adalah kuilnya yang paling terkenal. Ia adalah putri kesayangan Zeus.


5. Queen Heart
Queen Heart Melambangkan Pada Judith
The Queen of Hearts itu biasanya disebut "Judith", karakter Alkitab atau Judith dari Bavaria (SM. 800-843), istri Raja Louis I yang merupakan putra dari Charlemagne. Ratu Inggris dianggap mewakili Elizabeth York (Permaisuri Henry VII) atau Anne Boleyn (istri kedua dipenggal Henry VIII).


6. Queen Club

-


7. Queen Diamond

-


8. Jack Spade

Holger Danske (Ksatria Charlemagne)
9. Jack Heart

 La Hire (pendukung Joan of Arc)


10. Jack Club
Lancelot


11. Jack Diamond

Hector
12. Joker


Pada pertengahan abad 19, di Eropa ada suatu permainan yang sangat terkenal. Permainan itu menggunakan kartu dan nama permainan itu adalah “EUCHRE”.  

Saking terkenalnya, permainan ini dibawa oleh para imigran ke Amerika dan kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Inggris: “JOKER”.

Kartu penting dalam permainan EUCHRE itu adalah kartu “Boer”(JACK) dan kartu terkuat yang disebut “Best Boer” (JOKER). Terkena pengaruh dari EUCHRE ini, maka semenjak 1880 di hampir semua pack/deck permainan kartu yang ada di pasaran pasti disertakan minimum satu kartu JOKER.  

Tapi, kenapa JOKER pada umumnya digambarkan dengan baju, topi dan sepatu yang aneh?  

Secara global, pengertian Joker ada 2 :

1. JOKER sebagai “The Fool" 


Zaman dahulu, kalau ada orang cacat, misalnya seperti “si Bongkok dari Notredam” , maka si cacat itu akan dihina, dicemooh, dikucilkan, dan lebih parah lagi dileher si cacat digantungkan lonceng, sehingga orang bisa tau kalau mereka sedang mendekat, Si cacat akan dinamakan “The Fool”, alias “si Bodoh”.  

Dalam kondisi terbuang seperti itu biasanya si cacat ditampung dan dibesarkan oleh gereja. Para Pastor di gereja kemudian berpikir bagaimana caranya supaya si cacat yang terbuang ini bisa diterima kembali di masyarakat.  

Timbul ide untuk mendandani si cacat dengan baju, topi dan sepatu yang lucu. Lonceng-lonceng kecil dijahit dengan manis di topi, baju dan sepatu mereka. Kalau mungkin, si cacat diajarkan jugling, akrobat, bernyanyi, dan keterampilan lainnya. Dengan demikian si cacat tetap adalah “the Fool”,tapi ia dapat diterima kembali di masyarakat. Raja dan Ratu pun biasanya mengundang the Fool untuk menghibur di kerajaan. 

The Fool juga boleh sembarangan masuk ke rumah orang dan keluyuran kesana kemari.  Ini merupakan salah satu sejarah mengapa biasanya JOKER juga boleh dipakai sebagai pengganti sembarang kartu dan menjadi kartu yang unik. Karena itu, kartu JOKER digambarkan dengan pakaian, topi dan/atau topi serta peralatan yang aneh-aneh.


2. JOKER sebagai “Hofnar”


HOFNAR adalah penghibur (entertainer), HOF adalah kata lain untuk lingkungan kerajaan. Jadi, HOFNAR adalah entertainer yang bekerja dalam lingkungan kerajaan. 

Kalau di bagian atas “the Fool” adalah orang yang bentuk tubuhnya aneh karena cacat, maka seorang HOFNAR tidak cacat dan tidak bodoh. Seorang HOFNAR adalah orang yang bentuk tubuhnya normal dan pandai menghibur orang lain.  

Seorang HOFNAR adalah seorang artis yang mengatur dan mebawakan acara hiburan di dalam lingkungan kerajaan. Biasanya si HOFNAR memiliki berbagai macam bakat, seperti main musik, jugling, akrobat, pandai bercerita, lucu, dan kadang-kadang dalam act-nya juga menggunakan binatang, seperti monyet, anjing, ular, burung, dll.  

Seperti juga halnya dengan “the Fool”, seorang HOFNAR bebas mondar-mandir dimana-mana dan di lingkungan kerajaan. Juga karena lakon HOFNAR dalam entertainment bisa berbeda-beda (musikus, akrobat, badut, tukang cerita, juggler, dll.), maka kartu JOKER bisa dipakai sebagai kartu pengganti segala macem kartu. 

 Karena jenis pekerjaan dan penampilan HOFNAR dalam entertain-ment yang sering kali mirip dengan badut zaman sekarang, maka di kartu sering juga JOKER digambarkan sebagai seorang badut.


UPDATE

Dalam satu jenis terdapat 13 kartu. Ini maknanya adalah jumlah minggu dalam satu musim. Warna merah berarti siang, dan hitam berarti malam.  

Sekarang, jumlahkan semua angka dari tiap jenis. Contoh : Sekop = 1 (As) + 2 + 3 + 4 + 5 + 6 + 7 + 8 + 9 + 10 + 11 (Jack) + 12 (Queen) + 13 (King) hasilnya 91.  

Lalu 91 x 4 (sesuai empat jenis kartu) maka hasil akhir adalah: 364. Ditambah Jocker menjadi 365. Inilah jumlah hari dalam setahun. 

Keunikan lainnya, jumlahkan huruf dari nama-nama kartu dalam empat bahasa ini.  Bahasa Inggris: Ace,two,three,four,five,six,seven,eight,nine,ten,Jack,Queen,King.  

Bahasa Belanda: Aas,twee,drie,vier,vijf,zes,seven,acht,negen,tien,Boer,Vrouw,Heer.  

Bahasa Jerman: As,zwei,drei,fünf,sechs,sieben,acht,neun,zehn,Bube,Dame,König.  

Bahasa Perancis: As,deux,trois,quatre,cing,six,sept,huit,neuf,dix Valet,Reine,Roi.  

Hasilnya semua adalah 52. Dan, itu berarti jumlah minggu dalam satu tahun.


Namun, ada misteri-misteri tentang kartu yang belum terjawab sampai sekarang, misalnya : 

1. King Hati satu-satunya King yang tidak mempunyai kumis

2. King Hati juga mengarahkan pedangnya ke arah kepalanya sendiri, oleh karena itu King Hati selalu disebut "The Suicide King"

3. King wajik (Diamond) cuma keliatan satu sisi muka

4. Queen sekop (Spade) melihat ke arah kanan, sementara Queen lainnya melihat ke arah kiri

5. Queen sekop (Spade) satu-satunya Queen yang memegang tongkat dan bunga, sementara Queen lainnya hanya memegang bunga saja.

sumber

2 komentar:

  1. RajaKartu.win adalah forum komunitas judi online Indonesia yang membahas tentang berbagai macam permainan judi online seperti Judi Bola, Casino Online, Poker, Domino, Togel dan Bola Tangkas Online. Kunjungi http://rajakartu.win untuk mendapatkan informasi dan prediksi terbaru seputar judi online

    Forum Judi Online Indonesia
    Forum Judi Bola
    Forum Casino Online
    Forum Judi Poker
    Forum Judi Togel
    Komunitas Judi Online

    ==================================================

    Hi..! Gan, Ayo kunjungi situs http://judipoker.forumotion.com untuk mengikuti diskusi terkini seputar judi online, poker online dan casino online. Di forum ini juga menjadi ajang promosi bagi agen-agen judi online terpercaya di Indonesia

    Forum Judi Poker Indonesia
    Forum Poker Online
    Forum Casino Online
    Forum Poker
    Forum Judi Online
    Komunitas Poker Online

    ==================================================

    365LIGA.NET AGEN JUDI ONLINE TERPERCAYA

    MELAYANI PEMBUATAN AKUN TARUHAN ONLINE, SEPERTI:

    - SBOBET (PASARAN TERBAIK, KOMISI FULL)
    - IBCBET (PASARAN TERBAIK, KOMISI FULL)
    - SBOBET CASINO (KOMISI ROLLINGAN 0,7%)
    - LIVE TOGEL (BOLA PINGPONG 24D)

    MINIMAL DEPOSIT/WITHDRAW RP 50 RIBU
    PELAYANAN CEPAT DAN AMAN
    LIVE SUPPORT 24 JAM
    BANK: BCA, MANDIRI, BNI, BRI
    WEBSITE: http://365LIGA.COM | http://365LIGA.NET


    Agen Casino Online
    Agen Taruhan Bola
    Bandar Bola Online
    Bandar Judi Online
    Agen Bola SBOBET

    BalasHapus
  2. TRIBUNQQ.NET AGEN POKER ONLINE TERBESAR & TERPECAYA 2017 | MEMBER vs MEMBER 100% NO ROBOT. PROSES CEPAT & MUDAH. CUSTOMER SERVICE 24JAM ONLINE. PROMO BANYAK.

    Bonus CashBack Sebesar 0,5% setiap senin
    Bonus Referral sebesar 20% berlaku seumur hidup

    Dengan 1 ID bisa akses ke 5 Permainan Terbaik se-Indonesia
    Permainan yang kami sediakan saat ini : Poker, Domino99, Bandar Poker, BandarQ, Bandar Sakong

    Supported 6 Bank terbaik di-indonesia BCA-BRI-BNI-Mandiri-Cimb Niaga-Danamon

    Minimal Depo & WD hanya : Rp 15.000,-

    Yuk segera bergabung bersama kami dan menangkan hadiah hingga RATUSAN JUTA RUPIAH !!
    Mau langsung daftar ? Kunjungi Website resmi kami hanya di WWW.TRIBUNQQ.NET
    bit.ly/TribunHoki

    BalasHapus