Halaman

Senin, 17 Maret 2014

Fitur Tersembunyi di Mozilla Firefox dan Google Chrome

 Mozilla Firefox

Mozilla Firefox mungkin merupakan sebuah aplikasi browser yang banyak digunakan oleh pengguna internet. Namun, tak semua orang mengetahui semua fitur yang dimiliki oleh browser yang satu ini. Bahkan fitur-fitur yang ada pada browser ini pun cukup menarik. Berikut ini adalah daftar fitur tersembunyi tersebut.

 1. About:About

 http://www.beritateknologi.com/wp-content/uploads/2012/10/mozilla-about.jpg

Dengan mengetikkan kalimat tersebut, Anda akan melihat daftar halaman yang dipunyai oleh Firefox. Anda pun bisa mengklik link-link tersebut.


2. About:Mozilla

 

Di sini, Anda akan melihat kutipan dari Book of Mozilla. Untuk secara keseluruhan buku, pihak Mozilla pun menyediakannya secara utuh di situs resminya.


3. About:Robots

 

 Fitur yang satu ini merupakan salah satu easter egg yang ada pada Firefox.


 4. About:Crashes

 

 Halaman ini memperlihatkan daftar crash yang pernah Anda alami selama menggunakan browser Firefox.


5. About:Permissions

 

Halaman yang satu ini merupakan tempat di mana Anda bisa mengatur penggunaan data oleh sebuah situs. Di halaman ini, Anda juga bisa melihat seberapa sering Anda mengungunjungi situs tertentu.


6. About:Support


Halaman ini memperlihatkan informasi teknis perihal browser yang Anda pergunakan. Di sini, Anda juga bisa mengembalikan pengaturan Firefox seperti awal penggunaan.


 7. About:Credits

 

Di sini, Anda akan bisa melihat nama-nama yang berperan penting dalam pembangunan Firefox. Nama-nama yang muncul tersebut pun dari developer, tester ataupun desainer.


8. About:Config

 

Halaman yang satu ini merupakan salah satu halaman yang memberikan Anda untuk melakukan konfigurasi personal terhadap browser Anda. Namun, dengan melakukan hal ini, Mozilla sudah memperingatkan kepada penggunanya bahwa langkah ini bisa mengganggu kestabilan atau bahkan masalah keamanan.


 Chrome
 
Beberapa fitur tersembunyi itu hanya bisa di akses dengan menggunakan perintah chrome://..., Penasaran bagaimana cara menampilkan sesuatu yang tersembunyi tersebut? Anda cukup menuliskan perintah-perintah dibawah ini pada address bar google chrome anda.


1. Chrome://dns

 

 Perintah ini digunakan untuk menampilkan daftar nama host yang tercatat oleh web browser.


 2. chrome://flags

 

Fitur ini merupakan fitur eksperimental yang tersembunyi di browser Google Chrome. Yang harus diperhatikan bahwa fitur ini adalah eksperimental, jadi ada kemungkinan tidak bekerja seperti yang diharapkan atau mungkin dapat menyebabkan masalah.


 3. chrome://memory

 

 Fitur untuk melihat pengunaan memory komputer oleh chrome


Perhitungan Cepat Hasil dari Address Bar
 
 

Melakukan perhitungan dengan mengetikkan angka di addres bar, seperti kalkulator, ketik saja misal 12*50 di addres bar dan tunggu sebentar. Hasilnya akan muncul secara otomatis.


 Task Manager

 

Chrome memperlakukan setiap tab sebagai proses terpisah sehingga jika salah satu dari mereka mulai mengalami masalah [crash], dapat ditutup atau dapat dicegah. Ia menawarkan built-in task manager untuk membiarkan kamu melihat sumber daya memori dan CPU yang dikonsumsi oleh setiap tab. cukup klik Tools [Alat] > Task Manager atau dengan menekan Shift+Esc.


 AApplication Shortcuts.

 

Kamu bisa membuat aplikasi mandiri dari halaman web di Chrome dengan menggunakan Tools [Alat] > Create application shortcuts [Buat pintasan aplikasi]. Pilihan ini dapat digunakan untuk situs yang sering kamu gunakan dan membutuhkan mereka terbuka sepanjang waktu.


 Drag dan Drop Download.


Kamu dapat dengan mudah menyeret download file dari Chrome ke desktop atau folder lain di komputer. Itu berarti, mulai sekarang, tidak perlu pergi dan mengubah lokasi download setiap kali kamu ingin file yang akan didownload di tempat terpisah selain desktop (atau download folder).


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar