Halaman

Sabtu, 19 Oktober 2013

Test Mata Anda Disini, Buta Warna Atau Normal?

Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu yang disebabkan oleh faktor genetis.  

Buta warna merupakan kelainan genetika yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna. Hal inilah yang membedakan antara penderita buta warna pada laki-laki dan perempuan. Seorang perempuan terdapat istilah 'pembawa sifat', hal ini menujukkan ada satu kromosom X yang membawa sifat buta warna. Perempuan dengan pembawa sifat, secara fisik tidak mengalami kelainan buta warna sebagaimana wanita normal pada umumnya, tetapi wanita dengan pembawa sifat berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada anaknya kelak. Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka seorang wanita tersebut menderita buta warna.  

Saraf sel pada retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut.  

Buta warna dapat dites dengan tes Ishihara yang menggunakan lingkaran-lingkaran berwarna yang dibuat dengan tulisan tertentu yang hanya dapat dilihat atau tidak dapat dilihat oleh penderita buta warna.

 Tes Buta Warna / Ishihara Test

(Tersedia 20 Plate tes buta warna)

PENTING!! MOHON IKUTI TEST BERIKUT SEBELUM MELIHAT JAWABAN DIBAWAH, GOOD LUCK!
 
 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berikut kunci jawaban untuk test diatas!

  12  
8  
29  
5  
74  
6  
45  
5  
3  
15  
73  
7  
16  
42  
Alur
 26  
Alur
Alur
Alur
Alur

Bagi anda yang sudah mengikuti test diatas dan tidak bisa menebak semuanya dengan benar. Jangan berkecil hati ya ^^

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar