Halaman

Sabtu, 09 November 2013

Orang-orang di Balik Game yang Melegenda

 1. IceFrog


IceFrog (Nama Samaran) adalah seorang game designer yang baru berusia 29 tahun, dan dikenal luas oleh publik sebagai orang yang paling blama mengabdi dan mengembangkan game Defense of The Ancients dan Custom mas-nya dalam Warcraft III. Sekarang ia bekerja untuk Valova Corporations sebagai Kepala Designer untuk mengembangkan Dota2, yang mana merupakan edisi terpisah dari skenario aslinya di Warcraft series.  

IceFrog mulai terlibat dalam pengembangan DotA sejak 2005 ketika ia mewarisi hasil karya berjudul DotA Allstars dari Steve "Guinsoo" Freak. Sejak awal keterlibatannya itulah, Icefrog telah menambahkan banyak sekali fitur, termasuk hero, item dan perbaikan pada gameplay. Setiap dia merilis map baru maka akan disertai dengan perubahan perubahan baik itu bug, item, hero dan lain sebagainya dan dirilis di website resmi. .


2. Shinji Mikami

 

Shinji Mikami (三上 真司 Mikami Shinji, lahir 11 Agustus, 1965) adalah seorang pria berkewarganegaraan jepang dan berprofesi sebagai game designer dan creator yang dikenal sebagai pencipta game “survival horror” Resident Evil.  

Dia juga berkontribusi atas beberapa game Capcom lainnya yang cukup terkenal di era post-32 bit (game – game era 90an), termasuk sebagai pengembang dan sebagai executive producers  

1. Viewingful Joe 
2. Devil May Cry 
3. Ace Attorney  

Selain itu dia juga terkenal sebagai creator game.

4. Resident Evil seri ke 4
5. Vanquish.  

Setelah bekerja untuk Platinum Games, dia memulai untuk membuat stidio pengembang game miliknya sendiri, “Studio Tango Gameworks” yang sekarang telah diakuisisi oleh pengembang asal Amerika yakni “ZeniMax Media”.


3. Shigeru Miyamoto

 

Shigeru Miyamoto (宮本 茂 Miyamoto Shigeru, lahir pada 16 November, 1952). Adalah seorang pria berkewarganegaraan jepang dan berprofesi sebagai Game designer dan producer. Tak jarang beliau dijuluki sebagai “bapak” dari game modern, mengingat karya karyanya mengispirasi banyak orang, dan dikenal luas diseluruh dunia dan dan termasuk sebagai salah satu yang paling berpengaruh dalam dunia game sepanjang masa.

Miyamoto bergabung bersama Nintendo pada tahun 1977, ketika Nintendo baru memulai ikut dalam dunia game, karya – karya Miyamoto hampir semuanya diterbitkan oleh Nintendo. Karyanya yang cukup terkenal antara lain : 

1. Mario Bros 
2. Donkey Kong 
3. Legend of Zelda 
4. Super Mario Bros 
5. F-Zero 
6. Super Mario 64 dan masih banyak yang lainnya.  

Dia sekarang sibuk berperan sebagai Kepala analys dan development di Nintendo.


 4. Hideo Kojima

 

Hideo Kojima (小島 秀夫 Kojima Hideo, lahir pada 24 August, 1963) Adalah seorang pria berkewarganegaraan jepang dan berprofesi sebagai Game designer, director, writer dan producer yang bekerja untuk Game developer terkenal Konami. Dia juga merupakan seorang director di Kojima Productions, dan dipromosikan sebagai Vice President of Konami Digital Entertainment pada awal 2011. His previous positions include being vice president of Konami Computer Entertainment Japan.  

Dia adalah pencipta, penulis, dan designer dari beberapa game top yang terkenal di dunia seperti : 

1. Metal Gears solid 
2. Silent Hill 
3. Castlevania 
4. Snatcher 
5. Policenauts 
6. Zone of the Enders 
7. Boktai  

Untuk itulah Hideo Kojima dikenal luas oleh seluruh masyarakat dunia sebagai salah satu orang yang juga turut berpengaruh dalam dunia game dan dia juga dikenal sebagai salah satu orang yang paling inovative dalam industri game ini.


5. Yuji Naka


Yuji Naka (中 裕司 Naka Yūji, lahir pada 17 September, 1965 in Osaka, jepang), Adalah seorang pria berkewarganegaraan jepang dan berprofesi sebagai Game designer, director, producer serta seorang progammer, dan dikenal luas sebagai mantan kepala team pembuat Sonic, sebuah group Sega programmers/designers, dimana dia adalah lead programmer dari original Sonic the Hedgehog.  

Dalam masa awal karirnya sebagai game designer, dia sering menuliskan namanya dengan nama samaran "YU2" dan "Muuu Yuji". Sejak 2006 dia menjadi pimpinan dari Prope, sebuah game developer yang dia bentuk sendiri sesaat dia memutuskan untuk keluar dari SEGA yang telah membesarkan namanya di Tahun yang sama, yakni 2006.  

Berikut beberapa karyanya : 

1. Girl's Garden (1984) — Game Designer, Programmer 
2. Phantasy Star (1987) — Programmer 
3. Phantasy Star II (1989) — Producer, Programmer 
4. Ghouls'n Ghosts (1989) — Programmer 
5. Sonic the Hedgehog (1991) — Lead Programmer 
6. Sonic the Hedgehog 2 (1992) — Lead Programmer 
7. Sonic the Hedgehog 3 & Knuckles (1994) — Producer, Lead Programmer


6. Alexéy Leonídovich Pájitnov


Alexéy Leonídovich Pájitnov (Russian: Алексе́й Леони́дович Па́житнов, Alekséi Leonídovich Pázhitnov; lahir pada 14 Maret 1956) Adalah seorang pria berkewarganegaraan Russia dan berprofesi sebagai Game designer, serta seorang teknisi komputer yang kini menetap di Amerika. Pajitnov adalah orang yang mengembangkan game dengan ide paling orisinil dan kini banyak diikuti orang dengan membuat game Tetris ketika dia bekerja untuk Dorodnitsyn Computing Centre di Soviet Academy of Sciences, sebuah R&D center di soviet Russia.  

Selain dikenal sebagai pembuat dan pencipta Tetris, Pajitnov juga dikenal karena dia tidak menerima royalti apapun atas ciptaannya Tetris, saat dia bekerja unruk perusahaannya dibawah pemerintahan Soviet, yang mana game ciptaannya itu didistribusikan oleh USSR ke seluruh Timur Eropa. Kemudian dia mulai mendapatkan Hak Royaltinya pada tahun 1996 dia dan Henk Rogers mendirikan The Tetris Company.  

Beberapa karya Alexey Pajitnov : 

1. Tetris 
2. Welltris 
3. Hatris 
4. Wordtris


7. Kazunori Yamauchi

 

Kazunori Yamauchi (山内 一典 Yamauchi Kazunori?, born August 5, 1967) Adalah seorang pria berkewarganegaraan jepang dan berprofesi sebagai pembalap profesional, seorang game designer, CEO dari polyphony Polyphony Digital dan producer of the Gran Turismo series. Dia menjadi president dari Polyphony Digital setelah dia mendesign game pertamanya yang berjudul Motor Toon Grand Prix, sebuah game yang terinspirasi cartoon Mario Kart.  

Motor Toon Grand Prix kemudian mengeluarkan sequel, Motor Toon Grand Prix 2, yang mana adalah game pertama di genrenya yang dipasarkan diluar jepang. Sejak saat itulah, Yamauchi ingin mewujudkan impiannya membuat realistic driving simulators yang akhirnya terwujud dalam bentuk meledaknya game Gran Turismo series dipasaran. Pada tahun 1999 Polyphony Digital merilis Omega Boost, yang membuktikan bahwa yamauchi juga mampu menciptakan game diluar genre balap.  

Sebagai reward atas suksesnya Gran Turismo, Yamauchi telah menjadi figure penting dalam dunia otomotive dunia. Dan atas jasanya mempromosikan Volkswagen dalam Gran Turismo series, perusahaan memberinya sebuah Golf R32.


8. Tim Willits

 

Willits adalah seorang pria lulusan University of Minnesota dan mantan anggota dari the University of Minnesota Army ROTC program. Willits sebelumnya adalah seorang battalion cadet-command sergeant major (C/CSM) saat masih di tingkat junior, kemudian ia menghadiri ROTC Advanced Camp di Fort Lewis, Washington disaat musim panas direntang tahun awal kuliahnya di tingkat junior dan senior college.  

Tim Willits kemudian bergabung dengan id Software in 1995 membuat pemilik dan tim pengembang id software terkesan dengan karyanya DOOM yang dia distribusikan secara free di Internet. Willits has worked ontelah terlibat dalam beberapa pengembangan game  

1. Strife 
2. The Ultimate Doom 
3. Quake 
4. Quake II 
5. Quake III 
6. Doom 3.  

Willits kemudian menjadi lead designer pada proyek pengembangan Doom 3, executive producer pada game Quake 4, akhir akhir ini menjadi - creative director game Rage, dan menjadi bagian pengembang id tech 5 engine.


 9. Yoshiki Okamoto

 

Yoshiki Okamoto (岡本 吉起 Okamoto Yoshiki) (lahir pada 10 juni, 1961, di Ehime Prefecture, Japan), sometimes credited aseringkali menyamarkan namanya sebagai Kihaji Okamoto, adalah seorang video game designer yang telah malang melintang dalam pembuatan game di Konami, termasuk dalam pembuatan game Gyruss dan Time Pilot, kemudian di Capcom, termasuk dalam tim pembuatan Final Fight dan Street Fighter II. Dia kemudian membuat perusahaan pengembang game sendiri yang bernama Game Republic.  

Bergabung dengan Capcom di tahun 1984, Okamoto telah menjadi director pada game 1942 (tahun 1984), SonSon (tahun 1984), Gun.Smoke (tahun 1985), Side Arms (tahun 1986) dan Forgotten Worlds (tahun 1988). Dan saat dia berkarir menjadi seorang producer dia bertanggung jawab atas perekrutan character designer Akira Yasuda untuk Capcom. Okamoto dan Yasuda mengembangkan beberapa hits terbaik capcom, diantaranya game Final Fight (tahun 1989) dan fighting game Street Fighter II (tahun 1991).  

Okamoto juga termasuk didalam tim yang mengembangkan survival horror game Resident Evil (Biohazard jepang) pada tahun 1996.


 10. Tetsuya Nomura

 

Tetsuya Nomura (野村 哲也 Nomura Tetsuya, lahir pada 8 October, 1970) adalah seorang video game director dan character designer berkewarganegaraan jepang yang bekerja untuk Square Enix (dulu bernama Square).  

Dia mulai mendesign karakter yang ada di Final Fantasy V dan Final Fantasy VI dan telah juga menjadi character designer dari beberapa game top lainnya, seperti Final Fantasy VII. Kemudian, Nomura menjalani debut sebagai video game director untuk game Kingdom Hearts series pada tahun 2002 dan juga menjadi director untuk efek CGI film Final Fantasy VII Advent Children.  

Nomura menerima "Excellence in Visual Arts" award dari International Game Developers Association atas karyanya yakni Kingdom Hearts game, dan bersanding dengan Shinji Hashimoto. kemudian di IGN's "The Top 100 Video Game Creators of all Time" Nomura berada di urutan 84.  Inilah beberapa hasil karya Nomura : 

1. Final Fantasy series 
2. Parasite Eve series 
3. Kingdom Hearts series


11. David Jones

 

David Jones (lahir pada 1966) adalah seorang game programer dari scotlandia dan seorang entrepreneur yang mendirikan DMA Design pada tahun 1988 (sekarang dikenal sebagai Rockstar North pada tahun 2002) dan juga pendiri Realtime Worlds in 2002. Jones kemudian membuat game series yang cukup mengemuka yakni Lemmings dan dia juga membuat game yang cukup kontroversial, Grand Theft Auto series (yang kini justru menuai sukses dengan keluarnya beberapa sequels mereka).  

Jones mendirikan perusahaan PC game "Realtime Worlds in 2002 dimana dalam perusahaannya itu ia berperan sebagai creative director. dan hasil karya terbaru darinya untuk saat ini adalah keterlibatannya dalam proyek game krackdown for the Xbox 360 dan pembuatan open-ended massively multiplayer online game, yang berjudul APB: All Points Bulletin.

Beberapa hasil karya Jones :  

1. Lennings 
2. Grand Theft Auto 
3. Krackdown


12. Toru Iwatani

 

Toru Iwatani (岩谷 徹 Iwatani Tōru, lahir pada 25 Januari, 1955) adalah seorang video game designer dan creator dari game arcade Pac-Man, yang merupakan the world's most popular arcade game.  Iwatani lahir di daerah Meguro Tokyo, Jepang. kemudian dia bergabung dnegan perusahaan software computer Namco pada 1977, disinilah dia memulai karirnya di bisnis video game.  lantas gebrakan awalnya pada saat itu adalahy menelurkan ide game bernama "Puck-Man" pada tahun 1980, kemudian, bersama sahabatnya seorang programmer bernama Shigeo Funaki (舟木 茂雄), seorang hardware engineer dan cabinet designer. dan seorang penata musik bernama Toshio Kai (甲斐 敏夫). dan dirilis pada 22 mei tahun 1980 dan akhirnya mencapai kesuksesan besar karena meledak di pasaran jepang. 

Hal ini membuat perusahaan arcade-game ternama, Midway, yang akhirnya memperkenalkan game ini kepada khalayak ramai di Amerika dengan merubah sedikit namanya dari "Puck Man" menjadi "Pac-Man" karena khawatir nama tersebut akan digunakan sebagai bahan candaan anak - anak Amerika dengan mengubah "Puck-Man" menjadi "Fuck-Man" atau merubah 'P' menjadi 'F'.

Karena ketenaran dan ide yang inovatif dari game ini, membuatnya menjadi salah satu penerima the all-time classic video games. Iwatani kemudian kembali mengembangkan konsep Pac-Man pada 2007 ketika ia mengadakan Pac-Man Championship Edition untuk Xbox 360, yang merupakan tahap final game yang nantinya akan ia kembangkan.


13. David Jaffe

 

Jaffe adalah pria yang berasal dari Birmingham, Alabama dan sekarang menetap di San Diego, California. setelah beberapa tahun dia mengejar mimpinya untuk menjadi sutradara film akhirnya dia mencoba menjadi game designer.  

Jaffe menjadi terkenal setelah keluarnya Twisted Metal series and God of War series sebagai game directornya. Twisted Metal dan God of War karya jeffe telah menduduki "IGN's "Top 25 PS2 Games of All Time". kemudian pada tahun 2007, Jaffe membentuk perusahaannya sendiri Eat Sleep Play studio. yang mana studio game miliknya ini telah menandatangani kontrak berjangka beberapa tahun dengan Sony untuk membuat exclusive game untuk PlayStation.


14. Toby Gard

 

Toby Gard (lahir pada tahun 1972 di Chelmsford, Essex) adalah seorang computer game character designer dan consultant dari inggris, yang menjadi kepala dari team yang membuat karakter archaeologi inggris bernama "Lara Croft". Lara Croft sendiri telah menerima penghargaan dari Guinness World Record sebagai "most successful human video game heroine".

Toby sendiri awalnya bekerja untuk Core Design studio, dia merupakan bagian dari tim yang membuat original Tomb Raider pada tahun 1995 dan dia juga membuat karakter Lara Croft. hasil pekerjaannya didalam game termsuk mendesign bangunan dan membuat animasi hampir seluruh karakter dalam Tomb Raider (including Lara), membuat video cutscenes, storyboarding pada FMVs, dan managing level designers. 
 
Core studio memberikan Gard creative control penuh pada hasil gamenya, meskipoun begitu, Core studio masih ingin terlibat dalam ide mengenai penampilan dan nilai jual sex appeal sang Lara Croft, dan tak jarang meminta Gard untuk mengimplementasikan konten nude code ke dalam game, namun dengan tegas Gard menolaknya. visinya mengenai Lara sebagai "karakter wanita yang, cool, dan tangguh.  

Gard kemudian memilih keluar dari Core Design pada 1997 karena ada perbedaan visi dan misi antara Gard dan Core Design[3]


 15. Hironobu Sakaguchi

 

Hironobu Sakaguchi (坂口 博信 Sakaguchi Hironob, lahir pada 25 November, 1962) adalah seorang pria berkewarganegaraan jepang dan berprofesi sebagai game designer, video game designer, director, producer, dan mantan film director. dia merupakan salah satu yang mencetuskan ide untuk membuat Final Fantasy series.  

Dia memiliki track record yang panjang dan mengesankan dalam dunia gaming dengan lebih dari 100 juta units video games terjual diseluruh dunia . namun akhirnya dia meninggalkan Square Enix dan mendirikan sebuah studio bernama Mistwalker pada tahun 2004.


 16. Nobuo Uematsu

 http://www.elpixelilustre.com/wp-content/uploads/2013/02/nobuo_uematsu.jpg

Nobuo Uematsu (植松 伸夫 lahir pada 21 Maret, 1959) adalah seorang game composer, dan memiliki andil besar atas terciptanya Final Fantasy series. Dia lantas bergabung dengan Square Enix tahun 1986, saat dimana dia bertemu Hironobu Sakaguchi. kemudian mereka bekerja sama dalam banyak video gam, dimana slah satu yang paling istimewa adalah lahirnya Final Fantasy series.  

Setelah 20 tahun bekerja, pada 2004 silam, ia keluar dari Square Enix untuk membentuk studio sendiri bernama "Smile Please", dan sebuah music production bernama Dog Ear Records.


 17. Minh "Gooseman" Le


Minh Le (lafal Vietnam: Lê Minh, lahir pada 27 Juni, 1977),atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gooseman sebagai online nickname'nya , adalah seorang pria keturunan Vietnam-Canada yang berprofesi sebagai computer game developer yang membuat game populer seperti Half-Life dan juga Counter-Strike berdua dengan Jess Cliffe sejak tahun 1999.  

Kemudian dia bergabung dengan Valve Software, developers dari Half-Life, dan sekarang tengah menyibukkan diri dalam proyek penggarapan multiplayer first-person shooter "Tactical Intervention". Dalam tim kecil yang dia pimpin, Le berperan sebagai seorang programmer, modeler, dan juga game designer.


18. Jess Cliffe

 

Jess Cliffe adalah seorang game designer dan co-creator of Counter-Strike dari Valve Production bersama dengan Minh Le (aka Gooseman). Dia juga adalah pengisi suara di counter strike atau "voice of Counter-Strike" via radio commands dan juga pembuat sound effects didalamnya.  

Dia adalah seorang pria yang lahir dan besar di New Jersey dan dia kemudian bersekolah di North Hunterdon High School di Annandale, & akhirnya berpartisipasi dalam acara Virginia Tech dari tahun 1999-2003. setelah keluluasannya, dia bergabung dengan Valve Software dan sekarang dia menjadi game designer bagi Valve, dia juga yang berperan penting dalam pembuatan maps untuk seri Half-Life: Deathmatch.


18. Shingo 'Seabass' Takatsuka

 

Shingo 'Seabass' Takatsuka adalah seorang executive producer dari Pro Evolution Soccer game series. Nicknamenya dalam dunia maya adalah, 'Seabass', yang merupakan nama sebuah ikan dan hal ini dikarenakan kecintaannya pada dunia memancing.

Takatsuka kini tengah menghadapi kritikan banyak pihak yang menilai bahwa seri terbaru dari Pro Evolution Soccer terlihat kurang realistik dan terkesan terlalu terlihat seperti animasi kartun.


 19. Yashuhiro Wada


Yasuhiro Wada adalah creator dari Harvest Moon series. Dia telah terlibat dalam games industry selama lebih dari 20 tahun, dan sebelumnya dia menjabat sebagai executive producer di Marvelous Entertainment sampai tahun 2010. Kemudian dia melanjutkan karirnya dan bekerja di Grasshopper Manufacture selama satu tahun dan akhirnya dia juga memilih untuk keluar dari perusahaan itu, lantas dia membuat perusahannya sendiri dengan nama Toybox Inc.  

Ide pembuatan farmwork-simulation game ini muncul saat dia pindah ke Tokyo dari daerah pinggiran kota asal dia dibesarkan. Kemudia dia mulai mencermati adanya perbedaan perbedaan antara kehidupan desa dan perkotaan, dia sadar bahwa sesungguhnya banyak nilai-nilai dan element pedesaan yang patut diapresiasi dan dilestarikan, hal itulah yang jadi inspirasinya, dan berdasarkan ide tersebut maka dia membuat game Harvest Moon ini.


 20. John Carmack

 

John D. Carmack (lahir pada 20 August, 1970) adalah seorang kelahiran Amerika yang berprofesi sebagai game programmer dan merupakan co-founder di id Software. Carmack juga menjadi lead programmer dari beberapa game keluaran Id Software seperti : Commander Keen, Wolfenstein 3D, Doom, Quake, Rage dan sequels2nya.  

Carmack juga dikenal sebagai bapaknya penerapan 3D graphics dalam dunia game, dan dia juga dikenal luas sebagai founder dan seorang lead engineer dari proyek Armadillo Aerospace. pada Agustus 2013 ini, Carmack menjabat sebagai CTO (chief technology officer) di Oculus VR (Oculus Rift - Virtual Reality Headset for 3D Gaming)


 21. Sid Meier

 

Sidney K. "Sid" Meier (Yang lahir pada 24 Februari, 1954) adalah seorang programmer, designer and producer dari Amerika yang berada dibalik beberapa game strategy dan simulation yang populer, salah satu karyanya yang paling diingat adalah Civilization.  

Meier juga merupakan salah satu founder MicroProse pada tahun 1982 dan juga menjabat sebagai Director of Creative Development di Firaxis Games, yang juga dia dirikan bersama Jeff Briggs dan Brian Reynolds pada tahun 1996. dia jugab telah banyak menerima penghargaan internasional atas jasa jasa dan perannya dalam industri video game.


 22. Lee Myung-Jin

 

Lee Myung-jin (lahir pada 1974) adalah seorang pria kelahiran Korea yang menjadi seniman dari Manhwa yang merupakan bapak dari Ragnarok. hasil karyanya, Ragnarok telah diadaptasikan menjadi game Ragnarok Online oleh Gravity Corp. Dan game ini akhirnya diadaptasikan menjadi sebuah anime.

Pada bulan Augusut 1995 dia memuali karirnya di dunia seni dan sempat akhirnya terhenti selama 2 tahun karena mengikuti wajib militer. Pada masa "come-back"nya, dia membentuk sebuah studio, bernama Dive to Dream Sea dan memulai membuat Ragnarok (untuk Champ Comics), yang menjadi salah satu top-selling manhwa of all time, yang mana terus berkembang hingga sekarang. Setelah komik Ragnarok diminta oleh Gravity Corp, Myung-Jin Lee tidak berhenti sampai disitu, dia juga ikut terlibat dalam pembuatan Ragnarok Online, yang menjadi salah satu game Online terbaik dn terkemuka di dunia.


23. Yu Suzuki

 

Yu Suzuki (鈴木 裕 Suzuki Yū, lahir pada 10 Juni, 1958) adalah pria sal jepang yang berprofesi sebagai game designer dan producer yang menghabiskan seluruh karirnya bersama Sega Enterprises. Dan seakan menjawab tantangan Shigeru Miyamoto dai Nintendo, dia adalah orang yang berada dibalik beberapa arcade games populer SEGA, seperti Hang-On, Space Harrier, Out Run, After Burner, dan juga menjadi salah satu pioneer 3D games seperti Virtua Racing, Virtua Fighter, Daytona USA, dan Virtua Cop, dan tak lupa Shenmue series yang merupakan open world adventure games di Dreamcast.  

Pada tahun 2003, Suzuki menjadi orang ke-6 yang termasuk dalam Academy of Interactive Arts and Sciences' Hall of Fame. IGN juga menempatkan beliau di urutan #9 pada Top 100 Game Creators of All Time list.


24. Gabe Logan Newell

 

Gabe Logan Newell (lahir pada 3 November, 1962) adalah salah satu founder dan managing director di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang video game development dan online distribution company Valve Corporation.  

Setelah didropped out dari Harvard University, Newell menghabiskan 13 hidupnya bekerja di Microsoft Corporation, hingga ia menjadi "Jutawan Microsoft". Newell kemudian meninggalkan Microsoft dan memulai karir dalam pembuatan computer game Quake di id Software, Newell dan teman temanya mantan pegawai Microsoft, bersama dengan Mike Harrington,kemudian membentuk Valve pada tahun 1996. Bersama dengan Harrington mereka kemudian memanfaatkan harta mereka selama bekrja di Microsoft untuk membiayai pembuatan Valve dan juga game Half-Life.


 25. Satoshi Tajiri

 

Satoshi Tajiri (田尻 智 Tajiri Satoshi, lahir pada 28 Agustus, 1965) adalah seorang game designer yang dikenal luas sebagai creator dari Pokémon dan founder dari video game developer Game Freak, Inc. Dan sebagai seorang penggemar arcade games, Tajiri membuat sendiri video gaming fanzine Game Freak miliknya bersama dengan Ken Sugimori, sebelum akhirnya membuat development game company dengan nama yang sama. Tajiri mengungkapkan bahwa saat bermain Game Boys yang terhubung dengan kabel mengispirasinya untuk membuat game yang bertujuan untuk bertanding dan berburu serangga untuk dikoleksi seperti hobbinya dimasa kecil.  

Dari niatanya tersebut akhirnya lahirlah Pokémon Red dan Pokémon Blue (yang mana Pokémon Blue dirilis sebagai third version, dari dua versi utamanya (yang salah satunya adalah Red Version) yang dipasarkan diluar jepang), akhirnya tajiri menjadi director yang melahirkan Pokémon series hingga Pokémon Ruby dan Sapphire, setelah meraih semua kesuksesan itu, dia akhrinya menjadi executive producer.


26. Koji Igarashi

 

Koji Igarashi (五十嵐 孝司 Igarashi Kōji), yang juga dikenal dengan nickname simplenya yakni IGA, adalah salah satu orang Konami dan menjadi salah satu producers dari Castlevania video game series. dia juga dikenal sebagai assistant director dalam Castlevania: Symphony of the Night, yang merupakan keterlibatan pertamanya dalam Castlevania series (dia juga terlibat dalam pembuatan Castlevania: Rondo of Blood dan disebut dan ditulis dalam "Special Thanks" di ending credits). dia juga berperan sebagai producers di Castlevania Chronicles hingga Castlevania: Harmony of Despair.


 27. Christian Allen

 

Christian Allen adalah seorang video game designer asal Amerika dan menjadi orang yang paling penting dan berkontribusi atas lahirnya Ghost Recon franchise dan Halo: Reach. Allen kemudia menjadi Lead Designer di Tom Clancy's Ghost Recon 2 dan ikut dalam pembuatan Tom Clancy's Ghost Recon Advanced Warfighter sebagai lead designer, menjadi Creative Director di Tom Clancy's Ghost Recon Advanced Warfighter 2.  

Allen kemudian meninggalkan Red Storm Entertainment pada musim panas 2007 dan bekerja di Bungie, dimana dia menjadi Lead Designer di Halo: Reach. Allen kemudian juga meninggalkan Bungie dalam proses pengembangan Halo: Reach tanpa alasan yang jelas. lantas dia bergabung dengan WB Games dan berperan sebagai Design Director


28. Keiji Inafune


Keiji Inafune (稲船 敬二 Inafune Keiji, lahir 8 May 1965) adalah seorang video game producer dan juga illustrator, dia juga adalah mantan head of Research & Development, dan Online Business and Global Head of Production di Capcom, dikenal luas sebagai illustrator dan co-designer dari karakter meleganda Mega Man. dia juga berperan sebagai producer dari game Onimusha dan Dead Rising video game series. di banyak game credits,sering menggunakan nama samaran "INAFKING". saat ini dia bekerja di perusahaan miliknya sendiri, COMCEPT USA.


 29. William Ralph "Will" Wright

 

William Ralph "Will" Wright (lahir pada 20 Januari, 1960) adalah seorang pria dari amerika yang berpfofesi sebagai video game designer dan menjadi co-founder dari game development company Maxis, yang sekarang menjadi bagian dari Electronic Arts (EA). pada April 2009, dia akhirnya meninggalkan EA.  

Game komputer pertamanya adalah Raid on Bungeling Bay rilis tahun 1984, namun bukan game itu yang membuatnya dikenal, melainkan SimCity. Game tersebut dibuat dan dirilis oleh Maxis, yang dia bentuk bersama sengan Jeff Braun, dan akhirnya terus membuat game bergenre simulasi seperti SimEarth dan SimAnt.  

Wright meraih kesuksesan besanya dari karya originalnya yang terkenal yakni The Sims yang membuatnya meraih banyak penghargaan tingkat dunia. dan hasil karya terbarunya adalah game Spore, yang dirilis pada September 2008 yang menggambarkan sebuah evolusi dan hal hal alamiah lainnya.Game ini sendiri telah terjual lebih dari 406,000 hanya dalam tempo 3 minggu sejak pertama kali rilis


30. Yoshitaka Murayama


Yoshitaka Murayama (村山 吉隆 Murayama Yoshitaka) adalah pria asal jepang yang menjadi game designer, game director dan game producer. Dialah orang yang menciptakan Suikoden series sebuah game bergenre role-playing video games, yang dia buat untuk Konami sebelum akhirnya keluar pada tahun 2002 tepat sebelum Suikoden III dirilis.  

Karirnya dimulai sejak dia lulus dari University of Tokyo pada tahun 1992, dan dia mencoba bergabung di Konami dan mulai mengerjakan beberapa proyek game console, dan dia juga bekerjasama dengan seorang game designer bernama Junko Kawano, yang nantinya melanjutkan karya Murayama dengan menjadi writer dan designer untuk seri Suikoden IV dan Suikoden Tactics.


 31. Ed Boon & John Tobias

 

Ed Boon (terlahir dengan nama Edward J. Boon pada 22 February, 1964 di Illinois) adalah seorang video game programmer dan director wyang telah mengabdi lebih dari 15 tahun di Midway Games dan sekarang bekerja di Warner Bros. Interactive Entertainment lebih tepatnya di anak perusahaan WB yang bernama NetherRealm Studios. Namanya melejit sejak dia membuat Mortal Kombat series, yang dia kerjakan bersama sahabatnya John Tobias.  

John Tobias (lahir August 24, 1969 di Chicago, Illinois) adalah seorang comic book artist, graphic designer dan juga video game designer.Bersama dengan Ed Boon dia adalah salah satu dari 2 orang jenius yang menjadi creators dari game yang mendunia, yakni Mortal Kombat fighting game series.  

Tobias sebelumnya adalah seorang seniman di The Real Ghostbusters comic book series sebelum akhirnya bergabung dengan Midway Games. sebelum menggarap Mortal Kombat, dia pernah membuat original arcade version dari game Smash TV.


 32. Dan Houser & Sam Houser

 

Dan Houser (lahir pada 1974) adalah seorang video game producer dan juga merupakan co-founder (bersama saudaranya, Sam), vice president of creativity untuk Rockstar Games. Dan dalam memproduksi game, Houser menulis hampir semua cerita Grand Theft Auto sejak London, 1969. dan dia juga seorang head writer untui Rockstar Games,dan memimpin pembuatan game Bully, Red Dead Redemption & Max Payne 3.  

Sam Houser (lahir pada 24 May 1971) adalah seorang video game producer dan developer. Dia juga merupakan co-founder dan president of Rockstar Games dan salah satu otak kreatif dari game Grand Theft Auto franchise, menjadi director dan producer sejak seri ke #3-nya. dia juga yang bertugas membawa GTA kedalam dunia 3D, membuat layout kota full dengan 3D-engines dan mengubahnya menjadi pencetak Hits terbaik


 33. Ken Levine


Ken Levine (yang lahir pada 1 September, 1966) adalah seorang creative director dan co-founder dari Irrational Games. dialah yang menjadi otak dan dibalik kesuksesan "game-of-the-year" award-winning video game BioShock, dan juga dikenal atas karyanya yang lain pada game Thief: The Dark Project dan System Shock 2.  

Dia juga sempat mendapatkan predikat bergengsi dan prestisius sebagai "Storytellers of the Decade" yang diberikan oleh Game Informer, dan dia juga dimasukkan kedalam 'the 1UP Network's 2007 person of the year'.


34. Yasunori Mitsuda

 

Yasunori Mitsuda (光田 康典 Mitsuda Yasunori, lahir pada 21 January, 1972) adalah seorang composer, sound designer, dan musician yang berasal dari jepang. Dia telah membuat musik dan menjadi komposer untuk lebih dari 40 judul games, dan telah sangat banyak berkontribusi dalam album album lainnya yang juga menjadi pengisi musik game game tersebut.  

Dia dikenal luas melalui karyanya yang brilian dalam game Chrono Trigger, Xenogears, Mario Party, Chrono Cross, Xenosaga Episode I, Soma Bringer, Shadow Hearts, Inazuma Eleven, dan Soul Sacrifice. Dia mulai menjadi komposer musik untuk video gamenya sendiri pada saat dia mbarumenginjak bangku SMA, setelah lulus lantas dia melanjutkan di Junior College of Music di Tokyo. dan setelah kelulusannya tahun 1992, dia bergabung dengan Square (now Square Enix) sebagai composer ketika dia melihat adanya ikaln lowongan pekerjaan disuatu majalah saat dia mengunjungi professor-nya.


35. Zun - Team Shanghai Alice

 

Team Shanghai Alice (上海アリス幻樂団, Shanghai Arisu Gengakudan) adalah sebuah tim game development organization asal jepang yang merupakan cabang terpisah dari Amusement Makers dan mencoba untuk melanjutkan dan develop games untuk Touhou series, yang merupakan salah satu game favorit.

Menurut salah satu artikel hasil wawancara dengan Zun, dia mengungkapkan kalo tim ini hanya berisi satu orang dan ZUN adalah satu satunya member Team Shanghai Alice. dengan kata lain, ZUN mengerjakan programming, art design, dan musiknya semuanya seorang diri .

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar