Halaman

Rabu, 06 Februari 2013

10 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Berkunjung ke Jepang

1.Hormat

Membungkuk merupakan hal yang dilakukan bagi masyarakat Jepang untuk memberi salam atau meminta maaf. Dari saat mereka memasuki sekolah dasar, orang Jepang belajar untuk menghormati orang tua dan membungkuk adalah bagian dari itu.

Seberapa derajat membungkuk kepada siapa adalah penting juga loh di Jepang, jika kalian hormat kepada teman, kalian bisa membungkuk sedalam 30 derajat. Sedangkan utk orang tua dan orang" yang di hormati lainnya kalian hrs membungkuk 70 derajat di ikuti dengan tutur bahasa yang sopan.

Dan ketika memanggil orang yang lebih tua harus selalu menambahkan “san”, yang merupakan nama kehormatan untuk mereka.


2.Etika Makan dan Minum di Meja Makan

Jika diundang ke sebuah pesta minum (“nomikai”), jangan menuangkan sake / bir hanya untuk diri sendiri dan mulai minumnya, kalau biasanya di Indonesia disediakan"kobokan" sebelum makan, kalau di Jepang pelayan akan memberikan “oshibori” (handuk basah kecil) 

Ketika kalian makan Ramen di Jepang sebaiknya menyeruput mie-nya dengan kencang. Sampai membuat suara "Sluuuurrpp", kenapa? karena koki akan merasa lebih senang jika kalian makan Ramen dengan cara seperti itu untuk mengetahui bahwa kalian menikmati makanan buatannya.


3.Di Jepang kita tidak perlu memberi tip kepada pegawai hotel, bar dan staf restoran, sopir taksi, dan sebagainya.

Karena memberi seseorang tip akan mempermalukan mereka, karena itu merupakan hal yang sedikit agak kasar untuk dilakukan di Jepang, ucapan "Arigatou" atau "Otsukaresama" sudah cukup bagi mereka, jadi gak perlu kasih uang tips ya.


4.Menggunakan Sumpit

Kalian diharuskan untuk bisa menggunakan sumpit ketika makan di restauran Jepang, orang Jepang menghargai turis asing yang bisa menggunakan sumpit, karena menggunakan sumpit bukan hal yang mudah. Jadi mereka akan sedikit terkejut jika kita bisa menggunakan sumpit.


5.Budaya 

di Jepang mengharuskan kita melepas sepatu saat memasuki rumah atau berkunjung ke rumah orang Jepang, tapi bedanya di Jepang di anjurkan memakai sendal rumah. Jika masuk toilet pakai sendal toilet. 


6.Memakai Masker

Di Jepang kita akan melihat banyak orang memakai masker muka, terutama saat musim gugur dan musim dingin, Masker itu membantu mereka supaya tidak sakit terkena udara dingin juga menghalau udara bagi sebagian orang yang memiliki masalah alergi. Jadi masker ini cukup penting digunakan saat berada di Jepang. 


7.Ketertiban dalam Bersosialisasi

Berbicara di telepon selular di dalam kereta atau bis bukan hal yang baik di Jepang. Meludah, membuang ingus di depan orang lain, makan makanan disaat acara khusus dianggap sebagai suatu perilaku yg buruk di Jepang


8.Pemandian Umum

Gaya mandi Jepang berbeda dengan di Barat atau di Indonesia. Pertama-tama, kita harus mencuci tubuh kita sebelum masuk ke bak mandi untuk berendam. Dan jika kalian ingin mandi di pemandian umum di Jepang, kalian harus siap "gak tau malu"

Biasanya pemandian umum khusus wanita dan pria dibuat terpisah, tapi ada juga permandian umum gabungan.


9.Berbahasa Inggris

Hampir keseluruhan orang Jepang berfikiran bahwa orang asing tidak bisa berbahasa Jepang.
 
sumber; @JapaneseStation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar