Halaman

Sabtu, 23 Maret 2013

Cara Memilih Sepatu Futsal yang Nyaman

 

Memilih Sepatu Futsal yang Baik dan Nyaman

Futsal 
 
Sudah bukan hal asing di telinga seluruh pecinta sepakbola di indonesia. semua elemen pasti suka yang namanya sepakbola, dan Futsal merupakan salah satu olahraga alternatif terbaik yang bisa memenuhi passion dalam kehidupan sepakbola.  
 
Sekedar nostalgia, zaman dulu pas banget baru in nya futsal di indonesia, masih simpang siur banget, namanya juga baru, ada yang nyebut futsal mini soccer atau ada yang bilang sepakbola indoor padahal ya beda cabang nya,,  
 
Nah pas juga baru in, pemilihan sepatu juga kadang masih seadanya, karena ketersediaan yang masih jarang, dulu ada yang make sepatu badminton lah, sepatu running, hehe.. seiring tahun makin marak, sepatu futsal juga makin berkembang dan banyak varian,  
 
di Topic ini kita Sharing masalah pemilihan sepatu futsal yang baik dan nyaman disesuaikan dengan budget masing masing..

 
1. Budget 
 
Keterbatasan budget bukan menjadi alasan untuk kamu memilih sepatu fake atau KW buat pemilihan sepatu futsal, karena selain masalah kenyamanan sepatu fake juga berpengaruh masalah durability, rugi loh kalo beli sepatu KW dengan harga beda tipis kalo ga awet sama ajah nanti bakal ngeluarin duit lebih buat beli sepatu yang baru 
 
Pilih range harga sesuai budget kalo cuma ada budget sekitar 150rb - 250rb pilih sepatu lokal atau sepatu impor yang entry level, tapi saya lebih rekomendasi ke lokal karena biasanya dengan budget segitu sudah dapet kualitas yang cukup dibanding kelas entry level. 
 
Kalo ada budget sekitar 300rb - 500rb budget segini sudah cukup variatif buat memilih kelas sepatu futsal di Middle Grade, bisa dapat yang kualitas yang baik, kalo budget >500rb ini sih udah bisa pilih segala macam sepatu TopGrade, dan biasanya level pemain yang memilih sepatu dengan budget segini kalo ga pemain Professional ya sudah addicted dengan Comfort sepatu itu sendiri.


2. Memilih Bahan Upper 
 
Upper atau yang biasa disebut bagian punggung atas sepatu merupakan salah satu faktor penting dalam kenyamanan dalam bermain, dalam hal ini kebanyakan yang beredar biasanya diberi pilihan antara Upper Synthetic dan Upper Leather dan menyesuaikan budget juga pada kelas entry level sih biasanya sepatu tersebut mempunyai Upper Synthetic karena bahan yang lebih murah juga tentu nya, dalam hal kenyamanan sudah pasti Upper Leather lebih nyaman karena kontur nya yang menyesuaikan bentuk kaki tidak seperti Upper Synthetic yang berkontur agak kaku.


Kok keliatan nya sama ya? Kalo diliat dari jauh memang keliatan sama persis, cara membedakan nya dengan dipegang langsung, coba tekan bagian upper kalo mengerut berarti itu berbahan leather dan biasanya ditandai logo Leather seperti contoh yang kanan. kalo kaku dan ga mengerut ya berarti itu berbahan Synthetic.
 
 
3. Wide-Fit vs Slim-Fit 
 
Bentuk kaki juga turut berpengaruh dalam pemilihan sepatu karena disediakan bentuk sepatu yang berbeda beda pula setiap jenis nya, dan yang pertama analisa dulu kaki kamu berbentuk Wide atau Slim, karena setiap tipe dan merek mempunyai karakter yang berbeda pula. Cara termudah biasanya dengan mencoba langsung sepatu yang di inginkan karena kaki wide sudah pasti sesak jika memakai tipe yang slim. Contoh tipe sepatu Wide-fit : Adidas Predator, Adidas Adiseries, Nike Total90, Nike Gato Series, etc Contoh tipe sepatu Slim-fit : Adidas Fseries, Nike Mercurial, Nike Elastico, etc



4. Tipe Indoor atau Turf 
 
Indoor atau Turf? Ini sih.. cuma masalah fungsi aja penggunaan Indoor lebih flexible ke semua court futsal dari taraflex, vynil bahkan lapangan semen pun pas untuk tipe Indoor di beberapa juga sering bermain di lapangan turf atau biasa disebut Sintetis tetap memakain Tipe Indoor karena faktor kebiasaan, dan Tipe Turf biasanya dipakai khusus di lapangan Turf, beda nya daya cengkram lebih baik jika menggunakan tipe turf di lapangan yang juga tipe turf.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar