Halaman

Kamis, 21 Maret 2013

Daftar Bacaan Murid Hogwarts Dalam 'Harry Potter'

Enam seri film 'Harry Potter' mengisahkan Harry (Daniel Radcliffe) dan kawan-kawannya menempuh pendidikan di sekolah sihir Hogwarts. Akan tetapi sedikit sekali diterangkan tentang daftar bacaan yang mereka baca untuk mengisi waktu luangnya. Sebagai seorang siswa, tentu Harry dan rekan seangkatannya tak luput dari buku bacaan.
Seandainya sekolah sihir ini ada di dunia nyata, Jesse Galef, penulis blog tentang logika, pengetahuan umum, dan filsafat mencoba menerka kira-kira bacaan apa yang pas untuk siswa Hogwarts di setiap asramanya.

Yuk kita intip lemari bacaan para siswa Hogwarts. Lantas tengok kembali susunan bukumu! Lebih cocok tinggal di asrama manakah kamu?

1.Griffindor


Dari situs Jesse Galef tersebut, diperkirakan para siswa Griffindor lebih memfokuskan bacaan mereka pada buku bertema "perjuangan, etika, dan demokrasi". Beberapa judul yang mungkin ada di lemari mereka antara lain A Game of Thrones dan The Art of War. 

Para penghuni asmara Griffindor memang lebih banyak terlihat bermain catur dan quidditch, namun dari seluruh seri novel dan filmnya, terasa sekali bahwa mereka menjunjung ketiga nilai di atas.


2. Ravenclaw
Murid Ravenclaw suka sekali membaca tentang ilmu filsafat, ilmu kognitif, dan matematika. Bisa dibilang mereka yang masuk dalam asrama ini adalah para murid cerdas, pemikir, dan suka membaca. Amati salah satu muridnya yang tergolong aneh dan kutu buku, Luna Lovegood (pengecualian untuk Cho Chang yang gaul).

 Tema berat di atas juga tergambar dari pilihan novel bacaan mereka di kala senggang seperti The Phantom Tollbooth dan Hitchhiker's Guide To The Galaxy. 


3. Hufflepuff



Dari penampilan muridnya yang kebanyakan lugu, tak terbayang rasanya murid Hufflepuff punya banyak koleksi buku. Para muridnya yang kebanyakan ramah dan santun ini memfokuskan bacaan mereka pada produktivitas, kebahagiaan, dan juga teori kerja sama.

Bacaan ringan seperti The Princess Bride serta buku motivasi macam The 7 Habits of Highly Effective People menjadi bacaan wajib mereka di akhir pekan.


4. Syltherin

 
Siswa nakal dan juga culas di asrama Slytherin bisa dipastikan suka membaca buku dengan tema persuasi, retorik, dan politik. Ketiga tema tersebut lah yang mendorong mereka untuk merasa superior dibandig siswa asrama lain.
 
Buku motivasi agresif seperti How To Win Every Argument dan kisah superhero kelam penuh intrik Watchmen bisa jadi ada di rak buku mereka. Hanya saja, asrama mereka begitu gelap, tak nyaman rasanya untuk jedi tempat membaca buku.
 
 sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar