Halaman

Jumat, 16 November 2012

Perbedaan Karakter 'Twilight Saga' Versi Novel dan Film


Lima film TWILIGHT SAGA telah diadaptasi dari novel fiksi romantis karangan Stephenie Meyer. Tahukah kamu ternyata para karakternya dibuat berbeda dari versi novelnya?

Penulis naskah dan sutradara tentu punya interpretasi yang berbeda tentang para tokoh yang ada dalam novel. Akan tetapi perbedaan yang ada dalam film tak bakal merusak esensi penokohan yang sudah apik ditulis oleh Stephenie Meyer.

Siap untuk perbedaannya? Simak perbedaan karakter-karakter TWILIGHT SAGA berikut ini!

1.Bella Swan

Yang paling kentara dari penggambaran tokoh utama wanita ini adalah bahwa Bella digambarkan lebih sarkastik dalam novelnya. Karakternya lebih diperhalus supaya Bella terlihat seperti gadis baik-baik.

Berikut ini beberapa detil lain dari Bella Swan yang dibuat berbeda dari versi novel:
  • Perbedaan saat Bella mengetahui bahwa Edward adalah vampir. Jika dalam buku ia mengetahuinya sendiri dan akhirnya memilih cuek akannya, dalam film digambarkan Bella masih berfirasat bahwa Edward adalah seorang vampir. Lantas Edward sendiri yang memancing Bella untuk mengutarakan firasatnya tersebut.
  • Dalam film NEW MOON, saat Bella ditinggal pergi Edward, ia memilih terus mengirim email kepada Alice. Dalam buku, ia tak mengirim email dan memilih untuk berbicara pada dirinya sendiri.
  • Dalam buku tak ada kejadian Bella meminta dibonceng pengendara moge saat ia berjalan-jalan dengan Jessica di Port Angeles.
  • Tak ada adegan Bella suka mengigau dalam film.
2.Edward Cullen

Dalam buku, Edward (dan semua keluarga Cullen) digambarkan mengalami lebam di bagian bawah mata saat mereka kelaparan. Detil tersebut tak digambarkan dalam film.

Saat pertama kali membawa Bella bertemu dengan seluruh keluarganya, ia memilih terlebih dahulu memainkan piano dan menceritakan tentang sejarah keluarganya. Dalam film, ia langsung membawa Bella bertemu dengan keluarganya yang saat itu sedang memasak masakan Italia.
Pertarungan antara Edward dan Felix dalam NEW MOON juga tak ada dalam buku.
 
 3.Jacob Black

Saingan Edward Cullen dalam asmara ini digambarkan lebih sopan dalam versi filmnya. Dalam versi bukunya, ia lebih lancang dalam bertindak dan juga berkata-kata. Kesan yang didapat saat menonton filmnya antara lain ie lebih terlihat pemurung. Beberapa detil lainnya yang berbeda adalah:
  • Dalam buku ia digambarkan setinggi 7 kaki, namun dalam film ia digambarkan lebih pendek, lebih pendek dari Edward Cullen pula.
  • Di kisah ECLIPSE, seharusnya Jacob memanjangkan kembali rambutnya, namun tidak dalam filmnya.
  • Dalam buku, Jacob tak pernah memberi sebuah dream catcher sebagai hadiah ulang tahun.
4.Alice Cullen

Alice seharusnya tampil dengan rambut spiky seperti deskripsi dalam buku, namun dalam film NEW MOON dan ECLIPSE, rambutnya dibuat lebih elegan. Kedekatan antara dirinya dengan Bella disebutkan dengan jelas dalam novelnya, sayang hal tersebut tidak begitu mendapat perhatian sineas dalam penggarapan filmnya.

5.Esme Cullen

Dalam versi novel, Esme Cullen digambarkan sangat dekat dengan Bella. Ia memperlakukan Bella seperti putrinya sendiri. Kedekatan tersebut tak terlalu diangkat dalam versi filmnya.

6.Emmett Cullen

Emmett digambarkan berambut ikal berwarna gelap. Dalam film ia hanya digambarkan berambut cepak. Dengan badannya yang tegap seperti itu, rambut cepak jadi pilihan pas.

7.Carlisle Cullen

Carlisles banyak bicara tentang masa lalu dan pemikirannya kepada Bella Swan dalam novel. Dalam filmnya hal tersebut tak disertakan dan hanya diperlihatkan sebentar. Carlisles bisa diibaratkan ayah kedua bagi Bella bahkan sebelum Bella menikah dengan Edward. 

8.Charlie Swan

Dalam film digambarkan bahwa Charlie dan Bella makan di depot setempat karena tidak ada yang bisa memasak, sementara dalam versi novel, Bella lah yang memasak untuk sarapan dan makan di rumah. 

9.Victoria

Dalam buku, Victoria bukanlah penyebab serangan jantung yang menyebabkan Harry Clearwater meninggal mendadak. 

10.Waylon Forge

Korban trio vampir James, Laurent, dan Victoria dalam film TWILIGHT ini tak pernah disebutkan dalam versi bukunya. 

cr; @KapanLagiCom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar