Halaman

Senin, 07 Januari 2013

5 Keunggulan iPhone 5

 
Ketika kompetitor ramai-ramai meninggalkan ukuran layar 3,5 inch, Apple memilih bertahan. Maka saat ponsel dengan layar jumbo makin gaduh masuk ke pasar, Apple pun akhirnya memecah kegemingan dengan mengumumkan iPhone 5.

Ya, inilah untuk pertama kalinya sejak iPhone pertama diperkenalkan tahun 2007, layar smartphone Apple lepas dari ukuran 3,5 inch dan menggunakan layar 4 inch.

Tentu saja ini adalah pertaruhan besar bagi Apple, apalagi iPhone 5 sejatinya sudah didengungkan keberadaanya sejak iPhone 4 dirilis sekitar dua tahun lalu.

Namun ukuran 4 inch bukan menjadi satu-satunya yang dikupas dan dijadikan bahan pertimbangan dalam membeli ponsel premium ini. Apple pun turut membenamkan teknologi lainnya.

Apa keunggulan iPhone 5? Mungkin review yang dilakukan detikINET berikut bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli smartphone baru atau untuk mengganti iPhone lama.

1.Memanjang Tapi Pas di Kantong

Seperti diketahui, iPhone 5 menggunakan layar 4 inch dengan diagonal 16:9. Perubahan ini cukup berarti, karena artinya layar yang memanjang ini sangat membantu dan dimaksimalkan saat posisi landscape.

Melihat gambar dan lagu menjadi lebih nyaman, mata pun dimanjakan saat berjelajah di dunia maya dan detikINET yang paling rasakan manfaat dari layar memanjang adalah ketika bermain dengan game yang membutuhkan jarak pandang yang luas.

 

Saat bermain FIFA 13, salah satu kesulitan menggerakan pemain dengan kursor atau melihat pemain lain untuk menerapkan strategi permainan terselesaikan dengan layar 4 inch ini.

Akan tetapi layar memanjang yang dibuat di iPhone 5 bukannya tanpa masalah. Layar yang memanjang ini ternyata membuat layar di iPhone 5 menyempit sedikit.
Alhasil bagi pengguna dengan jari besar mungkin kesulitan saat mengetik dalam posisi portrait.


Tak hanya memanjang, iPhone 5 dibuat ringan dan tipis dari sebelumnya. Jika iPhone 5 mempunyai ketipisan 7.6 mm, maka iPhone 4S ketipisannya adalah 9.3 mm.
Bila dilihat dari jauh, terutama saat disandingkan,bodi keduanya tak terlalu terlihat perbedaanya.

Paling berasa justru saat sudah masuk kantong, buktinya walaupun memanjang iPhone 5 ini tak berasa sama sekali saat dibenamkan di saku celana.
Wajar saja, ponsel ini memiliki berat 112 gram atau dipangkas cukup signifikan, dari iPhone 4S yang beratnya 140 gram.




Kendati ringan dan tipis, iPhone 5 ini tak tampak sama sekali ringkih saat digunakan. Bentuknya yang masih belum ada perubahan signifikan akan makin membuat pengguna terbiasa menggunakannya.

Ketangguhan dan kesan premium yang melekat di iPhone 5 ini tentu saja tak terlepas dari bahan digunakan yang sebelumnya hanya menggunakan bahan kaca saja.

Lagipula, dengan harga paling murah Rp 8 juta wajar kan kalau bahan yang digunakan adalah yang berkelas dan bukan plastik?



2.Layar Tajam

Ketajaman teknologi Retina Display menjadi andalan Apple ketika pertama kali mengumumkan untuk tablet New iPad. Hal yang nyaris serupa saat memperkenalkan iPhone 5, ya Apple menggembar-gemborkan Retina Display di layar 4 inch-nya.

Namun sejatinya, Retina Display bukan hal yang baru di layar iPhone. Karena sebelumnya, di iPhone 4, Apple juga memasangkan teknologi ini. Memang kepadatan resolusinya antara 4S dan iPhone 5 sedikit berbeda.

Di iPhone 5, Apple memasangkan resolusi 1136 x 640 pixel dan 326 ppi. Sedangkan iPhone 4S dan iPhone 4 Retina Display dengan kepadatan 960 x 640 pixel dan 326 ppi.

Dengan layar yang lebih besar, wajar bila seharusnya tingkat resolusinya ditambah. Toh, saat disandingkan tetap ada perbandingan walaupun tak terlalu mencolok.

Berikut foto-foto perbedaan antara iPhone 5 dan iPhone 4S.
Atas-bawah (iPhone 5-iPhone 4S)

kiri-kanan (iPhone 5-iPhone 4S)


3.Fitur Kamera

Bila membandingkan dengan iPhone 4S, nyaris tidak ada perubahan yang berarti di iPhone 5 dari sisi kamera.

Semuanya hampir serupa dari generasi sebelumnya. Sama-sama menggunakan resolusi 8MP, bukaan lensa f/2.4, fitur autofocus, Face detection dan masih banyak lagi yang lainnya.

Satu-satunya yang bisa dijadikan pembeda di antaranya adalah sensor kamera yang lebih segar.

Setidaknya ini sangat terasa sekali saat kamera beralih dari ruangan dengan cahaya ke minim cahaya. Penyesuaian terhadap objek cukup cepat.

Perbedaan lainnya adalah layar iPhone 5 yang lebih tinggi dan tajam dari versi sebelumnya. Meringkus gambar di ruangan terbuka tentu saja menjadi keunggulan, apalagi warna hasil jepretan benar-benar menonjol.

Outdoor iPhone 4S
outdoor iPhone 5
Indoor (iPhone 4S/iPhone 5)
Untuk di dalam ruangan, tampaknya masih kembali menjadi salah satu kelemahan di iPhone. DetikINET yang menjajal antara iPhone 5 dan iPhone 4S merasa, tak ada perubahan yang berarti ketika objek diarahkan di ruangan yang lebih minim cahaya.

Beruntung fitur bawaan HDR yang ditingkatkan di iOS 6 semakin maksimal saat dibenamkan di iPhone 5.
Ini menjadikan foto dengan minim cahaya bisa lebih
sedikit terbantu.

Dengan layar yang lebih panjang, pengguna yang demam foto ramai-ramai akan semakin dimanjakan dengan piranti ini.

Terlebih fitur Panorama yang baru hadir di iOS 6, akan semakin mantap digunakan di iPhone 5.


Oh ya, bila Anda termasuk yang gemar melakukan video call atau chat, berterima kasihlah karena Apple sudah meningkatkan resolusi di kamera depannya menjadi
1.2 MP.

Kendati di versi sebelumnya, kamera depan di iPhone 4 atau 4S sekelas VGA sudah lebih dari cukup. Tentu saja dengan peningkatan ini akan menjadi lebih tajam. Apalagi bisa digunakan pula untuk berfoto narsis ria.


4.Prosesor Tinggi, Tapi Tak Terlalu Berarti

Satu lagi perubahan yang ditawarkan oleh Apple di iPhone terbarunya, yakni prosesor A6 dengan janji mampu menunjang performa yang lebih kencang tapi sebelumnya.

Performa prosesor baru tentu saja berimbas pada kemampuan untuk membuka aplikasi. Diakui detikINET perubahan ini cukup memberikan dampak khususnya saat memanfaatkan aplikasi.

Justru terasa sekali perubahan dari upgrade ini bukan saat menjalan aplikasinya, melainkan ketika membukanya.
Untuk meyakinkan, detikINET membuka aplikasi cukup berat, yakni The Dark Knight Rises dan FIFA 13 secara bersamaan di iPhone 5 dan iPhone 4S.

Game Batman yang memakan memori 1,4 GB dan FIFA 13 sebesar 1,7 GB di iPhone 5 unggul 3 detik untuk memulai masuk hingga ke tampilan menu utama ketimbang iPhone 4S.

Bila aplikasi berat saja mampu dilahap dengan mudah, tentu saja saat membuka aplikasi utilities seperti Keynote atau Pages dan menjalankan browser untuk berselancar tak menemui hambatan sama sekali.

Memang, menjaga sangat ketat aplikasi yang masuk ke toko App Store dan membangun ekosistem sedemikian rupa, menjadi keunggulan iPhone untuk pengguna yang mementingkan ponsel yang tak ribet tapi tetap smooth selalu.

Nah, saat dimainkan keduanya memang tak menemui kendala berarti, apalagi mengalami lag di tengah-tengah permainan.

Soal performa baterai, tampaknya keunggulan prosesor baru juga mempengaruhi.

Walau ada yang menyebutkan, iPhone 5 mengalami masalah daya tahan justru ketika upgrade ke iOS 6.0.2, detikINET tidak mengalami hal serupa.


5. Move On ke iPhone 5?

Secara keseluruhan, iPhone 5 yang menawarkan layar 4 inch membuktikan bahwa Apple ingin mengikuti keadaan pasar saat ini. Namun, tim yang dipimpin oleh Tim Cook tersebut tak ingin kelihatan kehilangan jati dirinya.

Layar 4 inch ini tak seperti bentuk smartphone sejenis yang ada di market. Bentuk memanjang, membuktikan bahwa iPhone ingin dibuat tak hanya lebih luas tapi
tetap mempertahankan fungsi esensi si gadget itu sendiri.

Karena percuma kan kalau ponsel yang lebar tapi tak nyaman dipegang dan malah mengganggu fungsi piranti itu sebagai alat untuk menunjang kerja.


Soal aplikasi dan ekosistem yang dibangun Apple tak perlu lagi diragukan. Apapun yang pengguna inginkan ada dan pastinya aman.

Sayang memang, iPhone 5 ini tak melakukan 'lompatan besar' dari generasi sebelumnya. Satu-satunya perubahan impresif justru saat transisi dari iPhone 3GS ke iPhone 4. Ini yang belum ditemukan antara iPhone 4S ke iPhone 5.

Keseluruhan, desain iPhone 5 sangat premium dengan bahan yang berkelas. Apalagi bodinya mengalami perubahan yang cukup berarti.
Memang, upgrade ditawarkan tak terlalu signifikan.


Nah, bila Anda termasuk yang masih menggunakan iPhone 4S tampaknya harus berpikir terlebih dahulu untuk mengganti. Lain halnya bila Anda adalah pengguna baru atau iPhone generasi lama, menurut detikINET ini sangat yang tepat untuk mengganti.

Kelebihan
- Tipis, ringan dan nyaman digenggam
- Layar memanjang, pas untuk posisi landscape
- Desain berkelas dan premium
- Performa prosesor cukup mempengaruhi

Kekurangan
- Harga mahal
- Masih tidak ada tambahan memori penyimpanan
- Butuh tambahan aksesori untuk light connector di iPhone agar kompatibel dengan perangkat tambahan lainnya.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar