Halaman

Rabu, 23 Januari 2013

Poseidon, Ruler of The Sea


Name: Poseidon, Posidon 

Orang Tua: Cronus dan Rhea 

Saudara: Hestia, Hera, Demeter, Hades, Zeus 

Pasangan: Amphitrite, dan beberapa wanita lain 

Anak: Triton, Rhode, Benthesicyme, Agenor, Belus, Theseus dan beberapa yang tidak terkenal 

Weapon: Trident  

Poseidon adalah penguasa lautan dalam mitologi Yunani Kuno. Dia merupakan anak dari Cronus dan Rhea yang bersama saudaranya yang lain berperang melawan para Titans dalam Titanomachy.



Origins of Poseidon

Ketika Poseidon lahir, dia ditelan bulat-bulat oleh ayahnya demi menghindari kutukan dari Uranus dan Gaia. Namun akhirnya dia selamat berkat Zeus dan akhirnya berperang melawan orang tuanya serta para Titans. Dia mendapat senjata Trident dari Cyclops selama Titanomachy. Setelah perang dimenangkan pihak Olympians, Poseidon mendapat daerah kekuasaan laut dalam undian daerah kekuasaan. 

Poseidon digambarkan sebagai pria berjenggot dengan rambut panjang berwarna biru. Terkadang dia digambarkan memiliki badan setengah ikan. Dibanding saudaranya yang lain, Poseidon memiliki tempramen paling tinggi dan juga rakus. Poseidon sering digambarkan mengendarai kereta yang ditarik oleh Hippocampus (setengah kuda setengah ikan). 



Poseidon and Amphitrite

Setelah mendapatkan kekuasaan berupa lautan, Poseidon merasa kesepian. Akibat moodnya yang turun, badai dan gelombang besar hampir memusnahkan daratan. Demi mencari cinta sejati, Poseidon pergi berjalan-jalan. Ketika tiba di pulau Naxos, dia melihat beberapa mermaid (putri duyung) sedang menari-nari. Poseidon melihat salah satu mermaid yang begitu mempesona, memiliki rambut panjang berwarna emas dan pancaran mata berwarna biru cerah.  

Saat itu juga Poseidon jatuh cinta kepada mermaid tersebut yang ternyata bernama Amphitrite, anak dari Nereus sekaligus cucu dari Titan Oceanus. Poseidon kemudian melamar Amphitrite. Namun karena desakan dari ayahnya agar menolak Poseidon, Amphitrite mengatakan bahwa dia tidak cocok dengan sifat Poseidon. Demi menghindari Poseidon, Amphitrite kabur dan bersembunyi di Gunung Atlas.  

Bagaimanapun juga Poseidon tidak menyerah. Dia menyuruh Delphinus (Raja Lumba-Lumba) untuk mencari Amphitrite. Setelah melewati perjalanan yang panjang, akhirnya dia menemukannya. Delphinus menawarkan janji apabila dia bersedia menikah dengan Poseidon, Poseidon akan menyeimbangkan kekuatannya terhadap semua lautan dan tidak akan melukai pelaut. Karena hatinya tersentuh, Amphitrite bersedia. Kemudian Poseidon dan Amphitrite memiliki 3 anak yaitu Rhode dan Benthesicyme yang berupa Nimfa dan seorang Merman bernama Triton.



Poseidon vs Athena

Suatu hari seorang raja bernama Cecrops (setengah manusia setengah ular), mencari dewa sebagai pelindung kotanya. Mendengar hal itu, hanya Poseidon dan Athena yang tertarik. Mereka kemudian memperkenalkan diri ke Cecrops. Sang raja kemudian meminta sebuah hadiah yang berguna untuk kotanya.  

Poseidon mengawalinya dengan menghunuskan Trident ke tanah dan menciptakan sumur. Setelah air dari dalam sumur dicicipi, ternyata terasa asin. Sang raja menolak karena air asin tidak begitu membantu warga kota.  

Athena kemudian maju dan menancapkan tombaknya ke tanah kemudian berlutut. Dia ternyata menanamkan batang zaitun kedalamnya. Kemudian pohon zaitun yang subur, tumbuh dengan seketika. (NOTES: Pohon Zaitun kemudian menjadi simbol kemakmuran dan damai di bumi)

Sang Raja sangat terkesan dengan hadiah dari Athena dan menyatakan Athena sebagai dewi utama kota tersebut. Demi menghormatinya, kota tersebut juga dinamakan Athena. (sekarang menjadi ibu kota Yunani)  

Namun Poseidon tidak terima dengan keputusan Cecrops. Dia mengutuk kota tersebut agar tidak memiliki persediaan air yang cukup. Setelah kutukan itu, kota Athena benar-benar memiliki masalah dengan air yang berlangsung hingga hari ini. 



The Walls of Troy

Poseidon dan Apollo pernah membuat Zeus marah, yang berakibat menurunkan mereka ke bumi untuk melayani Raja Troya bernama Laomedon. Sang raja meminta kepada Poesidon dan Apollo untuk membangun tembok raksasa dan berjanji akan memberikan hadiah. Setelah tembok selesai dibangun, sang raja ternyata tidak menepati janjinya. Sebelum Trojan War dimulai, Poseidon mengirimkan monster untuk menghancurkan Troya. Pada akhirnya monster tersebut dibunuh Herakles.

 
 
Consort of Poseidon 

Sama seperti adiknya, Zeus, Poseidon juga memiliki watak licik dan suka berhubungan seks. Berikut daftar wanita yang pernah berhubungan dengan Poseidon:  

1.Seorang wanita biasa bernama Tyro yang sudah bersuami, jatuh cinta kepada Enipus (Dewa Sungai). Di kesempatan ini, Poseidon menyamar sebagai Enipus dan bercinta dengannya. Kemudian berhasil membuahkan anak kembar bernama Pelias dan Neleus.  

2.Alope pernah berhubungan badan dengan Poseidon dan melahirkan Hippothoon. Namun setelah ayah Alope mengetahui siapa ayah anak itu, dia mengubur Alope hidup-hidup. Namun Poseidon menyelamatkannya dengan mengubahnya menjadi mata air.  

3.Poseidon menyelamatkan seorang wanita bernama Amymore dari Satyr. Sebagai ucapan terima kasih dari Amymore, mereka berhubungan intim dan lahirlah Nauplius.  

4.Poseidon pernah menyetubuhi Medusa di Kuil Suci Athena. Karena marah, Athena mengutuk Medusa menjadi monster berambut ular. Setelah Medusa dibunuh Perseus, Pegasus dan Chysaor lahir.  

5.Poseidon pernah mengagumi kecantikan kakaknya, Demeter. Demi membuktikan kesungguhannya, Demeter meminta Poseidon untuk menciptakan makhluk paling indah di bumi. Kuda adalah binatang pertama yang diciptakan. Setelah beberapa binatang lain diciptakan, Demeter merasa bosan dan menolak Poseidon. (NOTES: Kuda adalah binatang favorit Poseidon)

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar