Halaman

Kamis, 24 Januari 2013

Uranus, Sang Raja Langit


Uranus atau dalam bahasa Yunani, Ouranos adalah dewa terpenting tentang penciptaan Yunani. Namanya sendiri memiliki arti "langit" atau "surga". Dia adalah dewa yang menguasai langit dan suami dari Gaia (Dewi Bumi). Uranus merupakan ayah dari para Titans yang dibunuh oleh anaknya sendiri.



 Origins of Uranus

Dalam Hesiod, disebutkan bahwa Uranus adalah anak sekaligus suami dari Gaia. Berawal saat Uranus setiap malam datang untuk menyelimuti Gaia (konsep bahwa bumi tertutup oleh langit), kemudian mulai bersetubuh. Gaia melahirkan anak-anak yang berupa Titans, Cyclopes dan Hekatonkeir. Namun Uranus membenci anak-anaknya. Dia memenjarakan para Cyclopes dan Hekatonkeir di Tartarus (penjara di perut bumi). Hal tersebut membuat Gaia sakit hati. Gaia kemudian membuat sebuah sabit dan memanggil semua anak-anaknya (Titans) untuk menyingkirkan Uranus. Hanya Cronus lah yang berani mengemban tugas ini.



Kematian Uranus

Saat itu Uranus menemui Gaia dan hendak bersetubuh. Namun tiba-tiba Cronus muncul dari persembunyiannya sambil membawa sabit besar buatan ibunya tersebut. Dengan sigap, Cronus berhasil memotong kemaluan ayahnya. Darah mengucur dengan deras dan terjatuh ke bumi. Dari tetesan darah yang terjatuh tersebut, lahirlah para raksasa (gigantes), Erinye dan Meliae. Cronus mengambil dan melemparkan kemaluan Uranus ke laut. Tanpa diketahui, lahirlah Aphrodite dari kemaluan yang dibuang ke laut tersebut. Karena terlalu lama mengalami pendarahan, akhirnya Uranus tewas.
Uranus dalam Berbagai Mitologi


Kisah mengenai Uranus sebenarnya sangat identik dengan beberapa kisah mitologi lain, seperti:  

1.Mitologi Hurrian -> Dikenal sebagai Anu yang merupakan dewa langit. Kemaluannya dipotong oleh anaknya sendiri yang bernama Kumarbis.  

2.Mitologi India (Indo-Eropa) -> Georges Dumezil menduga bahwa Uranus dan Vedic Varuna itu sama. Vedic Varuna adalah dewa penjaga bumi yang kemudian menjadi dewa lautan dan langit. Dalam Sansekerta, Varuna atau Waruna memiliki putri yang bernama Lakshmi (dimana Lakshmi dan Aphrodite sering dilambangkan sebagai planet Venus).

sumber

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUANGNYA AKI,RUSLAN KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 134 JUTA ALHAMDULILLAH SAYA BISA MENUTUPI SEMUA HUTANG2 SAYA DAN KINI SAYA JUGA SUDA MEMBUKA USAHA KECIL KECILAN.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, RUSLAN SALEH DI NOMOR (_0_8_1_2_4_3_4_7_7_4_5_5_) ATAU KUNJUNGI WAPSITE (KLIK)www.penarikan-uang-ghaib.blogspot.com SAYA YAKIN ANGKA YANG DI BERIKAN AKI,RUSLAN DAPAT MERUBAH NASIB ANDA’TERIMAH KASIH..THANZ ROOMX ZHOBATH ★

    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
    ╔══╗═════╔╗═════
    ╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
    ═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
    ═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
    ═══════╚═╝═╚═╝══
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★

    BalasHapus