Laman

Rabu, 12 Juni 2013

Berapa Biaya untuk Membuat Iron Man di Dunia Nyata?


Dalam film, Iron Man punya segudang teknologi canggih untuk membantunya beraksi melawan kejahatan. Di dunia nyata jagoan tersebut pun sejatinya bisa dibuat, tapi tentu saja dengan biaya yang tidak sedikit.

Iron Man memang berbeda dengan super hero lainnya. Ia tidak memiliki kemampuan super, melainkan menggunakan kecerdasannya untuk membuat gadget canggih yang bisa dipakai memerangi kejahatan.

Tony Stark, sosok di balik Iron Man, dikisahkan sebagai seorang miliuner jenius dengan kekayaan pribadi mencapai USD 9,3 miliar. Itu belum termasuk kekayaan dari Stark Industries yang menyentuh angka USD 20,3 miliar.

Dengan uang sebanyak itu, Tony Stark dapat dengan mudah membuat gadget canggih bernilai tinggi. Hal itu juga ternyata berlaku di dunia nyata jika Anda berniat ingin membuat gadget serupa.

Situs Money Supermarket mengadakan riset kecil-kecilan untuk menebak seberapa mahal teknologi yang dipakai Tony untuk membuat Iron Man. Data tersebut dikumpulkan dari sejumlah sumber seperti The Chive, Wikipedia, lo9, Empire Online, Toy Dirt, Marvel, Starpulse dan beberapa situs lainnya.

Berikut adalah biaya yang dibutuhkan untuk menciptakan teknologi yang ada pada Iron Man di dunia nyata. Seperti dikutip detikINET, Selasa (30/4/2013).

1. Arc Reactor


Arc Reactor adalah pusat energi yang berfungsi sebagai pembangkit tenaga untuk Iron Man. Komponen ini berjalan dengan sumber daya yang disebut palladium.

Selain berfungsi sebagai sumber daya Iron Man, Arc Reactor juga dipakai oleh Tony Stark untuk bertahan hidup. Pasalnya di dalam tubuh miliuner ini terdapat banyak sekali serpihan besi yang bisa menusuk jantung jika tidak ada Arc Reactor.

Teknologi canggih yang ada pada komponen vital ini pun diperkirakan bakal memakan biaya sekitar USD 36 juta saat dipakai di dunia nyata.


2. Repulsor Jet Pack


Iron Man seperti memiliki mesin pesawat Jet dalam kedua sepatunya. Selain itu di kedua tangan jangan ini juga terdapat mesin yang mampu mengeluarkan sinar repulsor.

Mesin pada kaki dibuat untuk mengeluarkan dorongan, sedangkan bagian tangan sengaja dirancang sebagai pusat kendali saat bermanuver di angkasa.

Jika ingin membuat mesin dan repulsor seperti itu Anda harus merogoh kocek sedikitnya USD 13,8 juta.


3. Komputer dalam Helm Canggih


Helm Iron Man seperti memiliki sistem yang bisa mengerjakan segalanya, dan memang konsepnya seperti itu.

Helm Iron Man terhubung dengan AI bernama Jarvis, dan di dalamnya sudah terdapat Head up Display (HUD) berbasis holographic.

Helm seperti itu juga sudah dibuat oleh militer AS, dan mereka menghabiskan biaya sekitar USD 55 juta.


4. Peluru dan Roket


Seluruh kostum Iron Man dilengkapi dengan sistem persenjataan yang cukup mematikan, dan semuanya bisa dikendalikan melalui helm canggih yang sudah disebutkan tadi.

Senjata yang berada di dalamnya termasuk roket anti-tank, machine gun, dan roket yang bisa menyerang beberapa target secara serentak.

Seluruh peluru dan roket yang berada di dalam konstum Iron Man diperkirakan bisa menelan dana hingga USD 1,9 juta.


5. Jarvis Si Super Komputer


Jarvis berperan penting dalam setiap tindakan Iron Man. Artificial Intelligence ini terhubung dengan rumah, bengkel, dan seluruh aspek pada Iron Man.

Kementerian pertahanan Amerika Serikat juga sudah menggunakan teknologi yang mirip, dan itu menelan biaya sekitar USD 10 juta.

Jadi kalau dihitung-hitung satu baju Iron Man bisa menghabiskan dana sekitar USD 126,7 juta, atau setara dengan Rp 1,2 triliun untuk tiap unitnya. Wow!

sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar