Halaman

Rabu, 07 Agustus 2013

Konsep Helm Pemadam Kebakaran Masa Depan




Jika kita bisa menemukan teknologi seperti kamera inframerah untuk dipasangkan pada Mercedes Benz untuk membantu kita mengemudi dalam kondisi yang buruk, mengapa kita tidak mampu menerapkan teknologi serupa pada orang-orang pemberani yang mempertaruhkan hidup mereka untuk menyelamatkan kita?  

Perusahaan di balik helm C-Thru berencana untuk mengubah hal itu.  

Petugas pemadam kebakaran saat ini menggunakan peralatan konvensional untuk menyelamatkan nyawa: merangkak di tanah (untuk menghindari kepadatan asap) sambil membawa peralatan berat benar-benar dapat memperlambat proses. Simak bagaimana Omer Haciomeroglu dan pasukan pemadam kebakaran Umea berusaha untuk mengubah hal ini.


Helm ini dirancang untuk memberikan pandangan yang lebih luas yang akan memungkinkan petugas pemadam kebakaran punya lebih banyak waktu menyelamatkan korban didalam lorong-lorong.
Kecepatan para petugas pemadam kebakaran ketika menggunakan helm C-Thru akan sangat meningkat ketika berada dalam areal kebakaran.
berada dalam sebuah gedung yang sedang terbakar sangat bising. Ini mungkin adalah kelemahan terbesar lain karena tim pemadam kebakaran harus terus-menerus menjaga untuk tetap berkomunikasi (untuk alasan taktis dan jangan sampai terpisah). Helm ini akan menggunakan teknologi noise reduction yang akan mengurangi suara latar belakang yang kurang penting daripada suara korban itu sendiri [ketika berteriak] atau kelemahan struktural (dalam gedung yang terbakar, dll).
Kamera termal optik akan menangkap pencitraan dari daerah sekitar dan mengirim data ke perangkat genggam pemimpin grup pemadam kebakaran. Data resiko dan tindakan dikalkulasi dan dikirim kembali ke helm anggota yg lain. Sebuah data imaginer akan dikirimkan lewat jaringan wireless 3D ini kemudian diproyeksikan oleh proyektor melalui visor reflektif didalam helm.
Fungsi lainnya helm canggih ini adalah sebagai pemetaan tim, yang akan memberikan informasi posisi masing-masing petugas pemadam kebakaran dengan cepat dan akurat.

C-Thru helm juga berfungsi sebagai kamera yang akan merekam semua yang dilihat melalui helm. Hasil rekaman ini juga dapat digunakan sebagai laporan dan memberikan pandangan yang lebih baik untuk meningkatkan misi penyelamatan di masa depan.


Ini bukan teknologi khayalan, teknologi ini sering kita gunakan pada alat-alat sehari-hari tanpa kita menyadarinya. Saat ini helm ini sedang dalam pengembangan dan akan segera diluncurkan.   

Bayangkan jumlah nyawa yang bisa kita selamatkan (petugas pemadam kebakaran dan warga sipil) dengan bantuan teknologi yang sudah ada di depan mata kita ini.
 
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar