Halaman

Sabtu, 24 Agustus 2013

Mengenal Paus Biru, Hewan Terbesar di Dunia Saat Ini


 
Paus Biru adalah mamalia berdarah panas, bernafas dengan paru-paru, melahirkan dan menyusui anaknya. Mamalia laut ini mempunyai ukuran berat dan volume yang luar biasa.  
 
Paus biru dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai Blue Whale, Pygmy Blue Whale, Sibbald’s Rorqual, Sulphur-bottom Whale. Sedangkan dalam bahasa latin, paus biru dinamai Balaenoptera musculus.  
 
Linnaeus memberi nama paus biru dengan nama genus yang berasal dari kata Latin balaena yang berarti “paus” dan kata Yunani pteron yang berarti “sirip” atau “sayap.” Nama spesiesnya, musculus, adalah kependekan kata Latin mus yang berarti “tikus”. Kata “musculus” bisa juga diartikan sebagai “otot”.
 


 
 
 1. Paus Biru Berdarah Panas dan Bernafas dengan Paru-Paru
 
 
 
Paus Biru bukan ikan, paus biru itu berdarah panas sama mempunyai paru-paru kayak mamalia lain, itu sebabnya paus suka nyundul ke atas air buat ngehirup oksigen, setiap kali nyundul ke atas air waktu nyelamnya lama banget, karena paru-paru nampung udara 5000 Liter. 
 
 
2. Paus Biru Berukuran Sangat Besar
 
Perbedaan Paus Biru dengan Manusia
Ukuran berat atau volume paus ini teramat sangat besar, hati atau liver nya juga beratnya 450kg, ukuran berat tubuh Paus Biru juga bisa mencapai 181 Ton , serta panjang antara 81 kaki - 100 kaki lebih.
 
Bandingkan ukuran Paus Biru dengan yang lain
Perbandingan Paus Biru dengan Paus spesies lain
 
 
3. Memiliki Indera Peraba dan Pendengaran Tajam
 
 
 
Mamalia terbesar di dunia ini juga termasuk salah satu mamalia yang memiliki indra peraba dan pendengaran super tajam. Mereka mudah mengetahui arah ketika ia berada dalam air, cara kerjanya mengeluarkan suara keras lalu ia akan mengikuti gema yang dihasilkan suara yang dibuatnya sendiri. 
 
 
4. Paus Menyusui Anaknya, Susunya Berbeda
 
 
 
Paus memang mamalia pastinya menyusui anaknya di dalam laut namun ada yang berbeda. Air susu dari Paus Biru sangat berbeda. Karena wujudnya padat juga memiliki kandungan lemak banyak.
 
 
Jantung Paus Biru
 
 
 
 
 
 
 
 
 Video Paus Biru

 

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar