Halaman

Sabtu, 24 Agustus 2013

Tipe - Tipe Keyboard yang Perlu Anda Ketahui!

 1. Keyboard QWERTY

Mungkin anda tidak pernah memperhatikan bagaimana susunan keyboard yang biasa anda gunakan tidak tersusun seperti susunan abjad atau anda sudah terbiasa dan tidak mau tahu dengan susunan abjad pada keyboar tersebut.

QWERTY
Sekarang tahukah anda mengapa susunan huruf dalam keyboard tersebut berupa susunan abjad yang dimulai dengan huruf QWERTYUIOP dan seterusnya? Mengapa tidak dipermudah dengan dibuat saja berurutan seperti “ABCDEFGH” dan seterusnya?


2. Keyboard Alphabet

 

Sejarah ini berkaitan erat dengan asal usul penciptaan mesin ketik yang ditemukan lebih dulu oleh Christopher Latham Sholes (1868). Saat pertama kali menciptakan mesin ketik prototype, malah sangat memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat. Terlalu cepatnya kemungkinan dalam mengetik tersebut, sampai-sampai sering timbul masalah pada saat itu. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan karena batang-batang itu saling mengait (jamming).  

Karena bingung memikirkan solusinya pada saat itu, Christopher Latham Sholes justru mengacak-acak urutan itu demikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik. Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya.  

Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).


3.  Keyboard DVORAK

 

Sebenarnya ada beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekarang ini. Sebut saja ASK (American Simplified Keyboard), umum disebut DVORAK yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940.  

Secara penelitian saat itu, susunan DVORAK memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien. Tetapi mungkin karena terlambat, akhirnya DVORAK harus tunduk karena dominasi QWERTY yang sudah terjadi pada organisasi-organisasi dunia saat itu dan mereka tidak mau menanggung resiko rush apabila mengganti ke susunan keyboard DVORAK. Satu-satunya pengakuan adalah datang dari ANSI (American National Standard Institute) yang menyetujui susunan keyboard Dvorak sebagai versi “alternatif” di sekitar Tahun 1970.


4. Keyboard QWERTZ

 


5.  Keyboard AZERTY

 


 6. Keyboard QZERTY

 


Susunan keyboard lainnya yang masih perkembangan dari susunan QWERTY adalah QWERTZ yang dipakai di negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss, dll. AZERTY oleh negara Prancis dan Belgia, QZERTY, dll.  

Manusia adalah mahluk yang setia dengan kebiasaan. Ini merupakan salah satu sifat dasar manusia. “Kita sudah terbiasa dengan keyboard QWERTY dan itu sebabnya desain seperti itu terus dipertahankan,” kata Robert L. Goldberg, profesor di Universitas California. 


7. Keyboard Arabic

 

 


8. Keyboard Japanese

 


9. Keyboard Braille / Tunanetra

 

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar