Halaman

Rabu, 11 September 2013

Alasan Mengapa Harus Mengisi Captcha


Apa itu Captcha? kenapa harus ada Captcha? apa fungsi dari Captcha? apakah mengetik Captcha itu penting?

CAPTCHA atau Captcha (disebut cap-ch-uh) yang merupakan singkatan dari 'Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart' adalah sejenis kaedah challenge-respons untuk memastikan bahwa respon yang dihasilkan hanya boleh dibuat oleh manusia dan bukannya komputer. Dengan arti kata lain, CAPTCHA adalah pengesahan kata ujian yang dimasukkan dari suatu bentuk sign-up seperti sign up akun Gmail, Yahoo, Facebook ,twitter, kaskus dan banyak lagi. 

Setiap pengguna internet akan mempunyai pengalaman CAPTCHA dan mereka terpaksa menempuh walaupun ada sesetengahnya menggangap ianya sangat menyusahkan, tetapi tidak semua yang menyedari tentang revelan penggunaan kaedah ini.Jadi dg CAPTCHA, kita dapat memastikan bahwa pengisi formulir (misal e-mail) adalah benar-benar seorang manusia, yang mana program komputer akan kesulitan dalam mengartikan huruf-huruf yg bengkok-bengkok, bertumpuk, kabur sementara manusia (agak) mudah membacanya. Seperti ini salah satu captcha-nya,




Mengapa Harus Mengetik Captcha ?

Saat nggak ada CAPTCHA, spammer/hacker sanggup ngebuat program yg secara otomatis ngisi formulir, seperti ndaftar email gratis, sehingga ia akan mempunyai ribuan alamat email dg mudah agar kemudian disalahgunakan. Atau ditujukan mengubah sebuah hasil akhir polling online, dg cara membuat program sederhana pengisi polling tersebut dg jawaban yg diinginkan sebanyak ribuan atau bahkan jutaan kali. Akibatnya polling itu menjadi tidak valid. Disinilah CAPTCHA sangat berperan penting untuk memastikan bukan komputer yg mengisi formulir-formulir online, melainkan seorang manusia, karena komputer tidak akan bisa membaca huruf-huruf bengkok, bertumpuk, saling menyambung.


CAPTCHA terbentuk secara otomatis secara acak tiap kali ada orang yg masuk halaman formulir web, jadi hampir nggak ada dua CAPTCHA yg serupa. Sehingga jumlah kombinasi yg muncul suangat-suangat buanyak, dan hampir nggak mungkin untuk ngebuat program yg mampu mengingat & menjawab CAPTCHA yg akan muncul. Untuk yg cacat mata juga ada CAPTCHA versi audio, dg prinsip yg kurang lebih sama.


Fungsi Pokok Dari Captcha

1. Mencegah comment Spam pada umumnya Pemilik web/blog/dll tidak hanya ingin komment webnya terlihat bagus dalam penampilan, kuantitas tapi tentu kualitas , tp gak tau kalo adminnya sendiri yang spam  

2. Mencegah Spam Bot Tau sendiri Kan bot tak bisa membaca captcha, karena string string pemrogramannya sudah tetap . tak mungkin capthca yang setiap saat berubah dapat dibaca kecuali kalau bot itu berasal dari engine Blog itu sendiri  

3. Mencegah Flood Siapa Yang Ingin Dia di Flood ? kecuali flood like tp kalau flood kata kata yang tidak pantas banyak lagi siapa yang mau coba ?? (Flood adalah mangirimkan data secara berulang ulang)  

4. Melindungi Pendaftaran Email / User (khusus webmail) Dulu Pernah Kejadian Yahoo dan google diserang semacam bot yang mendaftar email ampe ribuan! kebayang gak? ribuan e-mail palsu.

Tips


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar