Halaman

Senin, 23 September 2013

Pengenalan Dasar Bagi Anda yang Mau Belajar Gitar Listrik

Siapkan gitar anda karena tutorial ini sangat mudah untuk dipelajari. Sebagai dasar sebelum memainkan gitar anda.

Ada hal penting yang harus diingat dan pahami selama menekuni dunia gitar yaitu pengenalan nama jari dan senar atau dawai sehingga mempermudah dalam proses belajar di artikel ini.

Dengan system tersebut berarti saya mampu memberikan semua kemampuan bermain gitar yang akan tertuang dalam artikel ini. Mari kita mengenal satu persatu dari system jari, greep, jarak dan system senar tersebut.

 1. Sistem Jari dan Gitar

Untuk mempermudah berikut gambar tangan kiri beserta nomornya.

Nomor-nomor di jari berikut harus anda ingat, jangan pernah lupa. Karena itu merupakan kunci dari semua pelajaran gitar.




Keterangan:
1 : Body Gitar / Guitar Body 
2 : Setelan / Head Tuner 
3 : Stang, Tangkai Gitar / Guitar Handle, Stem 
4 : Pangkal Setem / Tailpieces, Bridges, Nuts 
5 : Sepool Gitar / Pickup Tones 
6 : Tombol Control / Knobs and switch 
7 : Kait Gitar / Guitar Strap Buttons 
8 : Assesoris Pelindung / Pick Guard 
9 : Greep, Kolom Gitar / Freet 
10 : Kontrol / Tones Handle Control, Trimolo


Setiap komponen dari gitar ada pula beberapa perbedaan dari bentuk body, design, maupun assesorisnya dan ada juga menamakan dengan nama yang agak berbeda tapi sama artinya disesuaikan dengan fungsinya. 

Seperti halnya dengan produk produk ternama seperti yang anda kenal, pastinya ada perbedaan sedikit dari merek satu dengan merek yang lainnya. 

Untuk gambar berikutnya saya akan menjelaskan nama-nama komponen dari gitar diatas agar bisa mengenal lebih dekat.



 Keterangan:

1 : Senar Setem / Guitar Bridges 
2 : Tombol Kontrol / Control knobs 
3 : Setelan / Tuner 
4 : Kaitan / Strap Buttons 
5 : Pangkal Senar / Tailpieces 
6 : Pangkal Senar / Nuts 
7 : Greep / Freet 
8 : Pelindung / Pick guard


2. Sistem Dawai / Senar

Seperti jari, senar pun akan kita namakan untuk konsep mempermudah belajar gitar. Kelihatannya memang tidak penting akan tetapi cara inilah yang saya gunakan untuk system belajar gitar sebelumnya dan memang sangat teruji. Baik sekarang kita akan mengenalnya lebih lanjut.



Setiap senar / dawai memiliki kelompok nama dan perlu diketahui bahwa senar nomer 1, 2 dan 3 disebut dengan Senar Solo, sedangkan senar dengan nomer 4, 5, dan 6 disebut dengan Senar Bass.


3. Sistem Greep / Kolom Bar

Pengenalan nama dari senar dan jari akan kita lanjutkan dengan mengenal nama greep atau kolom bar dari gitar. Untuk mempermudahnya kita juga akan membahasnya di pelajaran ini. 

Seperti halnya komponen alat musik, atau komponen dari gitar, kita harus menguasai nama dan bahasa yang dapat mempermudah setiap langkah dalam menguasai teknik memainkan gitar

Dimana pada penjelasan ini saya akan lebih detail menjelaskan dari memberi nomer ke greep, jarak antara greep dan bunyi senar dari beberapa greep tersebut Sekarang kita mengenalnya lebih dekat:

1. Nama Greep / Bar Kolom 

Kita mulai dari greep yang terjauh Seperti kegiatan berhitung lainnya dimulai dari sudut gitar tuner / setelan, sehingga setiap 1 Oktaf gitar terdiri dari 12 Greep / klom bar atau 6 jarak nada.



2. Nama Nada dari Greep


Seperti yang diatas Ane urutkan bahwa setiap senar pada kolom bar memiliki nada yang sesuai dengan yang saya gambarkan. Adapun satu suara memiliki dua nama seperti nada # ( Kress ) dan nada b ( Mol ) seperti contoh nada F# dengan Gb adalah sama. Prinsipnya setiap nada yang digeser ke kedepan / naik disebut dengan nada # ( Kress ) dan setiap nada yang digeser kebelakang / turun disebut dengan nada b ( Mol )


3. Jarak Greep dan Oktaf


Jarak setiap greep dengan greep yang lain adalah ½ greep. Masih ingatkah anda jarak antara nada satu dengan yang lainnya? Baik kita akan ulas lagi masalah jarak nada seperti yang saya jelaskan diatas.


Kita ambil contoh sesuai nada greep diatas:

1. Jarak nada F dengan G adalah 1 greep 
2. Jarak nada F dengan A adalah 2 greep 
3. Jarak nada F dengan G# atau Ab adalah 1½ greep. 
4. Jarak nada G dengan G# adalah ½ greep 

Sedangkan jarak antara nada satu dengan yang lainnya sebagai berikut:

Jarak : Do Re Mi Fa Sol La Si Do 
1 2 3 4 5 6 7 1 
— — — — — — — 
1 1 ½ 1 1 1 ½ 

Sistem Dasar Notasi 

Do Re Mi Fa Sol La Si 
C D E F G A B 

dengan nada yang lain secara berurutan memiliki jarak 1 nada seperti C ke D, F ke G, F ke B, kecuali E ke F dan B ke C memiliki jarak ½ nada. 

Hal ini anda harus ingat selalu karena akan sangat bermanfaat sekali dalam mengingat dan memahami Chord / kunci kromatis gitar yang lainnya. 

Sedangkan jarak dari Oktaf 1 ke Oktaf 2 dalah 6 nada, dan setiap Oktaf terdiri dari 7 notasi yaitu Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si. 

Sehingga akan mempermudah anda nantinya untuk mengetahui nama dari chord atau kunci tersebut.  


4. Oktaf pada Gitar 

Sekarang akan saya jelaskan tentang oktaf pada gitar, dan kita akan mempelajarinya hanya satu oktaf saja. Karena permaianan gitar atau melody akan berbentuk sama antara satu oktaf dengan oktaf yang lainnya.


Itu berarti pangkal dari setelan atau head tuner ke kolom bar 12 adalah sama yang tentunya nada akan menjadi naik ke oktaf berikutnya ditandai dengan dua titik kuning


5. Kunci Dasar / Chord Dasar

Sekarang mari kita mulai pelajari beberapa kunci dalam gitar.

Pada dasarnya chord atau kunci dalam nada dapat dibagi dua yaitu: 
1. Kunci / Chord Mayor
2. Kunci / Chord Minor 

Dan nanti setelah pengembangan dari nada mayor dan minor itu akan kita temukan beberapa chord yang lainnya seperti chord D7, Bm7 , G9, serta nada nada kromatis lainnya. 


1. Kunci / Chord Mayor 

C = Do, D = Re, E = Mi, F = Fa, G = Sol, A = La, B = Si 

Setiap Nada Mayor atau chord Mayor terdiri dari notasi Do, Mi, Sol, atau sebaliknya.




2. Kunci / Chord Minor 

Yang membedakan suara mayor dan minor adalah harmonisnya, dimana pada nada minor notasi Mi turun ½, La hanya berlaku untuk kromatis, dan Si turun ½ not. 

Sekarang kita akan mempelajari dan mempraktekan langsung untuk mengenal chord / kunci minor tersebut.




sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar